Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Gunakan Kelotok, Apoteker Kalsel Salurkan Bantuan Banjir di Tanah Bumbu

Kalsel tanah Bumbu 1
Apoteker Kalimantan Selatan menyerahkan bantuan untuk korban bencana banjir di Kabupaten Tanah Bumbu
banner 120x600
banner 468x60
Kalsel tanah Bumbu 1
Apoteker Kalimantan Selatan menyerahkan bantuan untuk korban bencana banjir di Kabupaten Tanah Bumbu

BANJARBARU, IAINews.id – Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan banjir bandang di daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Hujan deras sejak Rabu, 5 Juni 2024 itu menyebabkan meluapnya sungai yang merendam  desa Salimuran dan Satiung di Kecamatan Kusan Tengah.

Iklan ×

Akibat banjir, warga dari dua desa tersebut terpaksa mengungsi di pos pengungsian terdekat. Setidaknya tercatat ada 9.773 jiwa yang menjadi korban dalam bencana alam ini.

Bencana banjir ini menggerakkan Pengurus Daerah IAI Kalimantan Selatan (PD IAI Kalsel) untuk berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Kalsel Tanah Bumbu 3

Pada Rabu, 12 Juni 2024, PD IAI Kalsel Bersama PC IAI Tanah Bumbu, Apoteker Tanggan Bencana (ATB) Tanah Bumbu dan pengurus Indonesia Young Pharmacists Group (IYPG) Kalimantan Selatan bergerak cepat menyalurkan bantuan ke desa Salimuran dan Satiung.  Kecamatan Kusan Tengah, Kabupaten Tanah Bumbu.

Terbatasnya akses  masuk ke area banjir, tidak menyurutkan semangat para  apoteker dari PD IAI Kalsel, PC IAI Tanbu, ATB Tanbu, dan IYPG Kalsel untuk dapat menyalurkan bantuan secara langsung.

Baca Juga  Ditjen Farmalkes Gelar Public Hearing RUU Kesehatan untuk Menampung Masukan Masyarakat

Dengan menggunakan transportasi berupa kelotok (perahu kecil), bantuan pun dapat diberikan secara langsung kepada warga di Desa Salimuran dan Desa Satiung.

Kalsel Tanah Bumbu 2

Warga senang mendapatkan bantuan berupa sembako dan makanan ringan.

“Semoga donasi yang kami berikan bisa bermanfaat untuk para korban bencana banjir dan kehadiran kami menjadi support system bagi mereka yang terdampak,” harap apt Totok Dwiprastyo, S. Farm, pengurus Bidang Humas dan Pengabdian Masyarakat PD IAI Kalsel.

“Pemberian donasi kepada yang membutuhkan merupakan salah satu bukti kepedulian apoteker kepada Masyarakat,’’ tambah apt M Reza Pahlevi, M.Farm, Ketua PD IAI Kalsel.

‘’Semoga dengan kolaborasi ini dan bantuan yang disalurkan dapat membantu warga terdampak banjir,’’ lanjut M Reza Pahlevi.

‘’Kami berharap agar masyarakat yang terdampak banjir dapat segera pulih dan beraktivitas normal Kembali,” harap  M. Reza Pahlevi.( Apt. Audin Imron R.R., S. Farm/PD IAI Kalsel)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *