Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90
IYPG  

Indonesian Young Pharmacist Summit 2024: Ungkap Cara Memilih Probiotik Terbaik

Prof Keri menyampaikan materi pada IYPG Summit 2024
Prof Dr apt Keri Lestari, M.Si, Guru Besar Fakultas Farmasi Unpad saat menyampaikan materi didepan peserta IYPG Summit
banner 120x600
banner 468x60

DENPASAR, IAINews – Ajang Indonesian Young Pharmacist Summit 2024 yang berlangsung Jumat, 9 Agustus 2024 di Denpasar, menjadi platform penting bagi para apoteker muda untuk memperdalam wawasan dan keterampilan mereka dalam berbagai bidang farmasi.

Salah satu sesi yang paling menyita perhatian adalah materi berjudul “A Guide to Selecting the Right Probiotic” yang berhasil memikat ratusan peserta dengan informasi praktis dan relevan tentang pemilihan probiotik dalam praktik klinik sehari-hari.

Iklan ×

Di tengah meningkatnya kesadaran akan kesehatan pencernaan, probiotik semakin menjadi perhatian sebagai suplemen yang menjanjikan berbagai manfaat kesehatan.

’’Kesehatan tubuh secara keseluruhan sangat bergantung pada keseimbangan mikrobiota usus,’’ tutur Prof Dr apt Keri Lestari, M.Si, Guru Befar Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran, Bandung saat menyampaikan materi didepan peserta IYPG Summit.

Hal ini ini dikarenakan mikroba di usus membantu pertumbuhan dan regulasi sistem imun, membantu mencerna makanan, memecah serat yang tidak dapat dicerna oleh enzim tubuh sendiri, dan menghasilkan asam lemak rantai pendek yang baik untuk usus.

Mikrobiota usus juga membantu meningkatkan pertahanan tubuh terhadap patogen dengan memperkuat barrier usus dan menghasilkan asam lemak rantai pendek yang baik.

Baca Juga  President Elect IYPG Terpilih, Ajak Apoteker Muda Berinovasi dan Kolaborasi

Sesi ini menggarisbawahi pentingnya memahami secara menyeluruh berbagai strain probiotik dan keuntungan khusus mereka, serta bagaimana memilih produk probiotik yang tepat untuk kebutuhan pasien.

Para apoteker muda, yang seringkali menjadi orang pertama yang memberikan rekomendasi suplemen kepada pasien, didorong untuk menjadi lebih kritis dan teliti dalam menilai produk probiotik yang tersedia di pasaran.

Seiring dengan meningkatnya permintaan akan suplemen probiotik, para apoteker muda memiliki peran penting dalam memastikan bahwa produk yang mereka rekomendasikan berdasarkan bukti ilmiah yang kuat.

Apakah mikrobiota sama dengan mikrobioma?

Menurut Prof Keri Lestari, kedua istilah tersebut memiliki arti yang berbeda namun saling berkaitan.

Mikrobioma usus mencakup informasi genetik dari semua mikroba di dalam usus, serta bagaimana gen-gen tersebut mempengaruhi kesehatan pencernaan dan metabolisme tubuh.

Mikrobioma mendukung kesehatan barrier usus dengan menghasilkan zat yang membantu mempertahankan integritas lapisan epitel usus dan mengurangi permeabilitas usus.

Bakteri Lactobacillus dan Bifidobacterium, yang biasanya ditemukan di usus, bertanggung jawab atas pemecahan polisakarida dan serat yang tidak dapat dicerna oleh enzim yang menghasilkan asam lemak rantai pendek atau short-chain fatty acids (SCFAs).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *