Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

PC IAI Samarinda Gelar Talkshow di Panggung Atrium Bigmall Samarinda

pameran kesehatan 1
Walikota Samarinda, Andi Harun saat mengunjungi booth PC IAI Samarinda dalam Pameran Kesehatan
banner 120x600
banner 468x60

SAMARINDA, IAINews – Menjadi bagian dari Pameran Kesehatan yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kota Samarinda, PC IAI Samarinda menggelar 3 talskhow dengan tema berbeda.

Pameran Kesehatan yang diselenggarakan di Atrium Bigmall Samarinda pada 1 – 3 Agustus lalu mengambil tema ‘Bergerak Bersama Melalui Transformasi Kesehatan Mewujudkan Kota Samarinda Sehat Menuju Kota Pusat Peradaban’.

Iklan ×

Kepala Dinkes Samarinda, dr. H. Ismed Kusasih, menjelaskan bahwa pameran ini menyediakan berbagai layanan kesehatan gratis, termasuk konsultasi mengenai BPJS, kesehatan ibu hamil, anak, remaja, pelayanan untuk usia produktif dan lansia, serta penanggulangan penyakit menular.

‘’Termasuk juga skrining kesehatan jiwa, pemeriksaan tensi darah, serta gula darah gratis,’’ ujar Ismed Kosasih saat pembukaan.pameran kesehatan 2

‘’Pada pameran ini juga akan disosialisasikan 12 standar minimal layanan kesehatan yang wajib diketahui oleh masyarakat,’’ tambah Ismed Kosasih.

Wali Kota Samarinda, Dr. H. Andi Harun, ST, SH, MSi. juga mengapresiasi adanya pameran ini. Walikota menyampaikan bahwa acara ini adalah langkah edukasi dan deklarasi komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan dan memperbaiki layanan serta membangun infrastruktur kesehatan.

‘’Kami akan terus memperbaiki dan melanjutkan pembangunan dan layanan Kesehatan untuk masyarakat Samarinda,’’ ujar Andi Harun saat membuka pameran.

Baca Juga  Sinergi Apoteker Luwu dalam Peringatan HUT IAI ke-68 Memperkuat Sistem Kesehatan Nasional

Disebutkan, dalam pameran tersebut hadir 30 booth layanan kesehatan yang ikut berpartisipasi.

Harapannya, melalui pameran kesehatan, program-program pelayanan kesehatan, terutama 6 transformasi kesehatan yang dicanangkan oleh pemerintah pusat, dapat lebih tersosialisasi dengan baik kepada masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, PC IAI Samarinda mengisi panggung talkshow dengan menghadirkan 3 narasumber dengan tema: ‘Apoteker menjamin keamanan, kualitas, dan khasiat obat. Tanya obat tanya apoteker’.

Pemateri pertama apt. Wisnu Cahyo Prabowo, S.Farm., M.Si Ketua IAI Samarinda yang juga Dosen Fakultas Farmasi Unmul menyampaikan materi terkait  aspek keamanan obat

‘’Tanggal kedaluwarsa produsen dibuat berdasarkan stabilitas obat dalam wadah tertutup aslinya. Tanggal ini tidak serta merta berarti bahwa obat menjadi tidak stabil setelah jangka waktu lebih lama,’’ terang Wisnu Cahyo Prabowo.

‘’Tanggal kedaluwarsa yang tercantum hanya menunjukkan data waktu nyata atau ekstrapolasi dari studi degradasi. Artinya adalah obat dalam wadah tertutup akan tetap stabil hingga tanggal tersebut,’’ jelas Wisnu Cahyo Prabowo lebih lanjut.

Pameran kesehatan 3

Menurut Wisnu, penyimpanan dalam suhu tinggi atau lembap dapat mempercepat degradasi beberapa formulasi obat. Beberapa jenis formulasi juga tidak boleh dibekukan.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *