Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Resistensi Antimikroba, Ancaman Global yang Mendesak! Yuk Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

Kaltim HUT 1
Perayaan HUT IAI ke-69 di RT 01 kompleks pegawai Pemrpov Samarinda
banner 120x600
banner 468x60

SAMARINDA, IAINews.id – Resistensi antimikroba adalah salah satu ancaman  global serius yang paling mendesak dan membutuhkan aksi yang harus dilaksanakan dengan segera.

Tak hanya di Indonesia, namun organisasi kesehatan dunia yakni WHO (World Health Organisation) pun telah memberi perhatian akan hal ini.

Iklan ×

Bahkan WHO, FAO (Food and Agriculture Organization), OIE (World Organization for Animal Health) bersama pemerintahan sejumlah negara telah  menyusun rencana global dengan pendekatan multi sektor.

Hal ini dilakukan agar negara-negara tersebut dapat melakukan pengendalian Resistensi Antimikroba atau Antimicrobial Resistance (AMR).

Menurut data, diprediksi saat ini kematian akibat resistensi antimikroba mencapai 700 ribu orang per tahun dan di tahun 2050 bisa mencapai 10 juta orang per tahun di seluruh dunia.

AMR menimbulkan ancaman kesehatan global yang signifikan bagi populasi di seluruh dunia.

AMR adalah masalah kompleks yang memerlukan tindakan spesifik sectoral.

Tidak hanya di sektor kesehatan manusia, tetapi juga produksi pangan, hewan dan lingkungan hidup serta pendekatan terkoordinasi di seluruh sektor tersebut.

Untuk mengendalikan resistensi ini tentu dibutuhkan berbagai upaya dan strategi pengendalian, salah satunya dengan meningkatkan kesadaran dan pemahaman resistensi antimikroba kepada masyarakat.

Baca Juga  IAI Lampung Gelar Pendampingan 100 Apoteker Berani Punya Apotik Sendiri

Untuk itu, maka pada momentum puncak  perayaan HUT IAI ke-69 yang digelar pada Sabtu 22 Juni 2024, PD IAI Kalimantan Timur melakukan edukasi tentang Resistensi Antimikroba kepada warga RT 01 kompleks perumahan Pegawai PemProv, M.T.Haryono, Samarinda.

Edukasi ini dilakukan melalui penyuluhan yang disampaikan oleh apt. Trianti Taruk Lamba’, S.Farm. Wakil Sekretaris PD IAI Kalimantan Timur sekaligus Apoteker Praktisi Rumah Sakit.

Edukasi ini dilakukan sebagai salah satu kontribusi nyata PD IAI Kalimantan Timur dalam berkontribusi untuk kesehatan Indonesia.

Definisi Antimikroba dan Resistensi Antimikroba

Antimikroba adalah obat-obatan yang dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme penyebab terjadinya penyakit.

Kaltim HUT 1
Perayaan HUT IAI ke-69 di RT 01 kompleks pegawai Pemrpov Samarinda

Antimikroba terdiri atas beberapa golongan yakni antibakteri, antijamur, antiparasit dan antivirus.

Resistensi antimikroba atau biasa dikenal dengan kekebalan antimikroba adalah suatu kondisi ketika bakteri, virus, jamur dan parasit tidak lagi merespon obat antimikroba.

Akibat resistensi obat, antibiotik dan obat antimikroba lainnya menjadi tidak efektif dan infeksi menjadi sulit atau tidak mungkin diobati sehingga meningkatkan risiko penyebaran penyakit, penyakit parah, kecacatan bahkan kematian.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *