Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

SIAp Dipastikan Aman, Mampu Pertahankan ISO 27001

Untitled 2
Survellance ISO/IEC 27001:2013 (Foto: Dok.PP IAI)
banner 120x600
banner 468x60

Jakarta, IAINews – Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) telah selesai melaksanakan Audit ISO 27001:2013 oleh Auditor Eksternal pada tanggal 18 Maret 2023. Hasil audit menyatakan bahwa PP IAI direkomendasikan untuk melanjutkan sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 Information Security Management System dengan cakupan Sistem Informasi Apoteker (SIAp) dari Ikatan Apoteker Indonesia.

Audit ini merupakan suatu proses yang dilakukan untuk menilai kelayakan dan kinerja sistem manajemen keamanan informasi organisasi. Audit dilakukan oleh auditor eksternal yang independen untuk menilai kepatuhan PP IAI terhadap standar ISO/IEC 27001:2013. PP IAI telah menyediakan semua dokumen dan informasi yang diperlukan untuk memastikan bahwa audit berjalan dengan lancar.

Iklan ×

Dalam hasil audit, dilaporkan bahwa PP IAI telah memenuhi semua persyaratan yang terkait dengan sistem manajemen keamanan informasi, yang meliputi kontrol keamanan, pengelolaan risiko, kebijakan keamanan informasi, pengelolaan akses, serta pemantauan dan pengukuran kinerja sistem.

Dalam rilis yang dikeluarkan oleh PP IAI, disebutkan bahwa audit ini menunjukkan bahwa PP IAI telah memastikan keamanan informasi dalam pengelolaan aplikasi manajemen operasionalnya. Dengan adanya sertifikasi ini, PP IAI dapat memastikan bahwa SIAp merupakan sistem yang aman dan terpercaya dalam mengelola data dan informasi terkait dengan apoteker di Indonesia.

Baca Juga  BPOM : Perlu Perkuatan Legal Berupa Payung Hukum Berupa UU

Sekjen PP IAI, apt. Lilik Yusuf Indrajaya, S.E., S.Si., MBA menyatakan bahwa hasil audit ini adalah bukti bahwa PP IAI serius dalam memastikan keamanan informasi dalam pengelolaan aplikasi manajemen operasionalnya. Ia mengatakan bahwa PP IAI akan terus memperkuat sistem manajemen keamanan informasi dan akan terus melakukan audit secara berkala untuk memastikan bahwa sistem tersebut tetap memenuhi standar yang ditetapkan.

apt. Hilwan Y Teruna, Ph.D selaku Management Representative dalam proses audit ISO/IEC 27001:2013 menyatakan bahwa audit ini adalah suatu proses yang penting untuk memastikan bahwa sistem manajemen keamanan informasi di PP IAI berjalan dengan baik. Ia mengatakan bahwa audit ini merupakan suatu pengakuan bahwa PP IAI telah melaksanakan praktik terbaik dalam pengelolaan keamanan informasi dan berkomitmen untuk terus memperbaiki kinerja sistem.

Dalam kesimpulannya, audit ISO/IEC 27001:2013 yang dilakukan oleh PP IAI telah berhasil dan PP IAI direkomendasikan untuk melanjutkan sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 Information Security Management System dengan cakupan Sistem Informasi Apoteker (SIAp) dari Ikatan Apoteker Indonesia. Dengan adanya sertifikasi ini, PP IAI dapat memastikan bahwa SIAp merupakan sistem yang aman dan terpercaya dalam mengelola data dan informasi terkait dengan apoteker di Indonesia.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *