Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Sinergi Program “BPOM Goes to Community” dengan “Kampung ASK ME Dagusibu”

BPOM IAI
FGD BPOM dengan PP IAI dalam rangka sinergi BPOM Goes to Community dengan Kampung ASK ME Dagusibu
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, IAINews – Dalam rangka membangun komitmen bersama,  IAI mendukung program BPOM Goes to Community yang bersinergi dengan program Kampung ASK ME Dagusibu.

Melalui kegiatan Forum Discussion Group (FGD), Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Pelaku Usaha Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik (PMPU OTSKK) BPOM mengundang Pengurus PusatIkatan Apoteker Indonesia  (IAI), Pengurus Daerah IAI DKI Jakarta, dan Pengurus Cabang IAI yang tersebar di wilayah DKI Jakarta pada 25 Juni yang lalu.

Iklan ×

Dalam kesempatan tersebut, Direktur PMPU OTSKK apt Nurvika Widyaningrum, S.Si, M.Epid menyampaikan, BPOM Goes to Community merupakan kegiatan pemberdayaan yang melibatkan lintas sektor dan komunitas masyarakat, salah satunya adalah organisasi profesi IAI.

Program ini bertujuan untuk membentuk Penyuluh/Kader Obat, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik sehingga mampu menjadi juru bicara BPOM dalam Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) mengenai keamanan dan manfaat Obat, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik di masyarakat.

BPOM IAI 1

Tujuan utama BPOM Goes to Community adalah meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan perubahan perilaku dalam memilih dan menggunakan obat, suplemen kesehatan, dan kosmetik yang aman.

Baca Juga  Paska Pengesahan UU Kesehatan Omnibus Law, IAI Lakukan Pelayanan Anggota Seperti Biasa

Selain itu, program ini juga bertujuan meningkatkan literasi masyarakat dalam menghadapi era digital yang rawan terhadap hoaks yang berbahaya bagi kesehatan.

Menurut Nurvika Widyaningrum, pemilihan IAI sebagai mitra organisasi ini estbalish dan memiliki penyuluh/kader dengan track record baik dan berkomitmen dalam pelaskaan KIE.

BPOM IAI 2
Dari kiri apt Nurvika direktur PMPU OTSKK BPOM, apt Noffendri ketum PP IAI dan apt Dettie Yuliarti, Waket VIII PP IAI

‘’IAI juga memiliki program sejenis, dalam hal ini Kampung ASK ME Dagusibu yang dapat diselaraskan dengan program BPOM,’’ ungkap Nurvika Widyaningrum.

Sementara itu Wiwi Hastuti, Ketua Tim Pemberdayaan OTSKK menyebutkan, hingga kini  program BPOM Goes to Community telah memiliki 77 orang penyuluh dan 416 kader menjadi spoke person BPOM kepada masyarakat terkait Obat Bahan Alam, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik yang aman.

Penyuluh bertindah sebagai koordinator di satu wilayah yang mengkoordinir para kader di wilayahnya.

Pada kesempatan tersebut hadir dari PP IAI, Ketua Umum apt Noffendri Rostam, S,Si didampingi Wakil Ketua VII Bidang Kerjasa,a apt Dra R Dettie Yuliarti, M.Si serta Wakil Sekretaris Jenderal IX bidang Humas dan Pengabdian Masyarakat, apt Dra Tresnawati.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *