HOME

Masa Depan Penjualan Obat di Marketplace: Sukses Besar atau Bencana Menanti?

DAP Satrya
apt. DAP Satrya Dewi, M.Sc. melaksanakan layanan Telefarmasi

Selain itu, Pemerintah harus terus berkolaborasi dengan pihak terkait untuk memperbarui regulasi sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat.

Salah satu aspek penting dalam masa depan penjualan obat di marketplace adalah edukasi publik.

Masyarakat harus memahami cara yang benar dalam membeli obat secara daring, mengenali marketplace yang resmi, dan mengetahui risiko membeli obat dari sumber yang tidak terpercaya.

Edukasi ini juga harus mencakup cara penggunaan obat yang tepat dan peran apoteker dalam memberikan konsultasi terkait pembelian obat daring.

Penjualan obat di marketplace yang terintegrasi dengan sistem kesehatan digital memerlukan perhatian khusus untuk keamanan data.

Marketplace harus menerapkan protokol keamanan data yang ketat untuk melindungi informasi pribadi dan kesehatan konsumen.

Privasi pasien harus dijaga dengan baik, terutama terkait informasi medis yang sensitif.

Selain obat-obatan konvensional, masa depan marketplace dapat menjadi platform utama untuk penjualan produk kesehatan inovatif, seperti suplemen, alat kesehatan, dan obat herbal yang telah teruji secara klinis.

Marketplace dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan produk kesehatan yang sulit ditemukan di apotek fisik.

Namun, pemerintah masih perlu melakukan pengawasan ketat untuk memastikan bahwa barang yang dijual memenuhi standar kesehatan dan keamanan.

Pasar obat memiliki potensi besar untuk berkembang karena perkembangan regulasi dan teknologi yang semakin matang.

Agar sistem ini aman dan sesuai aturan, pemerintah, apoteker, dan masyarakat juga harus bekerja sama.

Apakah kita siap untuk menerima perubahan ini atau akan ada bencana yang akan datang? Hanya waktu yang bisa menjawab.***

 

Referensi:

Wathoni, N., Lestari, K., Iftinan, G.N., Rahayu, S.A., Nurlatifah, A., Khairinisa, M.A. and Elamin, K.M., 2023. Knowledge, Perception, and Readiness of Indonesian Pharmacists for the Implementation of Telepharmacy-Based Pharmaceutical Services in Indonesia. Integrated Pharmacy Research and Practice, pp.213-225.

Xuan, Y.W., Goh, H.P., Rehman, I.U., Shafqat, N., Al-Worafi, Y.M., Ming, L.C. and Hermansyah, A., 2023. Assessing consumers’ perception and demand on the community pharmacists’ dispensing. Journal of Pharmaceutical Policy and Practice16(1), p.162.

Exit mobile version