HOME

PC IAI Samarinda Gelar Talkshow di Panggung Atrium Bigmall Samarinda

pameran kesehatan 1
Walikota Samarinda, Andi Harun saat mengunjungi booth PC IAI Samarinda dalam Pameran Kesehatan

Sementara, pemateri kedua apt. Sandra Annisa S.Farm., M.Farm., Kepala Puskesmas Makroman menyampaikan terkait aspek kualitas obat.

‘’Penggunaan obat rasional meliputi dua aspek pelayanan yaitu pelayanan medik oleh dokter dan pelayanan farmasi klinik oleh apoteker,’’ apt Sandra Aniisa menjelaskan.

‘’Untuk itu perlu sekali adanya kolaborasi yang sinergis antara dokter dan apoteker untuk menjamin keselamatan pasien melalui penggunaan obat rasional,’’ sambung apt Sandra Annisa.

Pemateri ketiga apt. Ayunita Tiara Siska Prillia, S.Farm apoteker Puskesmas Pasundan menyampaikan terkait aspek khasiat obat.

‘’Swamedikasi merupakan upaya masyarakat dalam mengobati diri sendiri, dimana dalam pemilihan dan penggunaan obat terhadap penyakit atau gejala dengan menggunakan obat obatan yang disetujui dan tersedia tanpa resep, serta aman bila digunakan,’’ ujar apt Ayunita Tiara.

‘’Swamedikasi bertujuan untuk meningkatkan kesehatan, pengobatan sakit ringan, dan pengobatan rutin penyakit kronis setelah perawatan dari dokter,’’ tambah apt Ayunita Tiara.

Talkshow yang dipandu oleh moderator apt. Liniati Geografi S.Farm., M.Sc, Wakil Direktur Stikes Dirgahayu Samarinda, mendapat perhatian penuh dari peserta yang hadir.

Acara dilanjutkan sesi tanya jawab, pembagian hadiah bagi penonton yang bertanya maupun menjawab Sebagai penutup talkshow, Dinas Kesehatan Samarinda yang diwakili oleh Kepala Bidang SDK Ns Budi Setiawan, S.Kep, memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada PC IAI Samarinda.

Tidak hanya talkshow di panggung, PC IAI Samarinda juga membuka booth dengan menyuguhkan edukasi DaGuSiBu, memperkenalkan Kampung ASK ME Dagusibu, mengajak anak menjadi Apocil, konsultasi obat keluarga dan menampilkan produk UMKM Kesehatan dari apoteker Samarinda

Ratusan orang mengunjungi booth PC IAI Samarinda,. Termasuk para pejabat kota Samarinda, tenaga kesehatan, pelajar, akademisi hingga masyarakat umum kota Samarinda.

PC IAI Samarinda juga membagikan beberapa hadiah seperti vitamin, susu, dan souvenir bagi pengunjung.***

 

 

Exit mobile version