HOME

Sambut Hari Kemerdekaan, Apoteker Kabupaten Bogor Bagikan Vitamin Gratis

Vit gratis Bogor 6

‘’Sebagai apoteker, kami bertanggungjawab untuk memberikan edukasi dan informasi terkait hal tersebut,’’ tutur apt Tommy Syam.

Ketua Bidang Praktik Apoteker, apt. Bayu Sandi, S.Farm,  saat ditemui IAINews di lokasi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian apoteker pada masyarakat yang telah rutin diadakan oleh PC IAI Kabupaten Bogor.

‘’Kami memastikan apoteker memberikan informasi pada pengunjung, agar tidak sembarangan minum vitamin yang dibagikan ini,’’ ungkap apt Bayu Sandi.

‘’Menggunakan leaflet berisi informasi Dagusibu, apoteker Kabupaten Bogor mengedukasi masyarakat bagaimana cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat dengan benar,’’ jelas apoteker yang juga berpraktik di RSUD Cibinong ini.

Selain membagikan vitamin, para apoteker juga memberikan layanan konsultasi dan informasi obat.

Upaya PC IAI Kabupaten Bogor tersebut mendapatkan apresiasi dari Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, dr. Agus Fauzi, M.Kes.

‘’Masyarakat memang sangat perlu mendapatkan informasi dan edukasi yang benar tentang obat. Agar tidak salah kaprah dalam menggunakan obat,’’ ujar dr Agus Fauzi saat menyambangi booth PC IAI dan menemui para pengurus dan apoteker.

Melalui kegiatan pelayanan informasi obat pada masyarakat ini, lebih lanjut apt Tommy Syam menyampaikan harapannya, agar masyarakat mengetahui bagaimana menggunakan dan menyimpan obat dan perlakuan pada obat itu sendiri.

‘’Masyarakat harus tahu, setelah tidak digunakan (karena rusak atau kedaluwarsa), obat itu akan diapakan. Apakah langsung dibuang, disimpan, atau dihancurkan. Sehingga tujuan dari obat itu sampai pada masyarakat, tepat indikasi, tepat guna dan tepat cara pakai,” jelas apt Tommy Syam.

Masalah lain yang ia sampaikan adalah penggunaan antibiotik secara sembarangan.

Penggunaan antibiotik secara tidak tepat, dapat menyebabkan terjadinya resistensi (kekebalan bakteri).

Itu sebabnya IAI seringkali melakukan kegiatan penyebaran informasi tentang obat pada masyarakat, sebagaimana yang dilakukan oleh PC IAI Kabupaten Bogor.

Sepanjang pemantauan IAINews, masyarakat yang berkunjung di booth PC IAI Kabupaten Bogor tersebut selalu ramai dan tidak terputus.

Wajah mereka terlihat puas setelah mendapatkan vitamin dan informasi tentang obat yang berharga.

Beberapa orang apoteker Kabupaten Bogor juga terlihat menghampiri masyarakat yang sedang beristirahat di lapangan rumput, sembari membawa leaflet Dagusibu dan berdialog memberikan informasi tentang obat.***

 

 

Exit mobile version