HOME

Coffee Shop Menjamur, Trend Ngopi Meningkat, Perhatikan Hal ini Sebelum Joint The Trend

pexels quang nguyen vinh 222549 2159074 coffee shop

COFFEE shop menjamur, bukan hanya di tengah kota dan pinggir jalan besar, namun juga menyebar di sepanjang jalan hingga di lingkungan kita.

Coffee shop pada asasnya adalah tempat yang menyediakan minuman kopi ataupun minuman panas dan dingin lainnya.

Keberadaan coffee shop ini digemari masyarakat mulai dari remaja hingga lansia, dan dijadikan dijadikan tempat berkumpul, mengerjakan tugas, dan berbagai kegiatan lainnya.

Menjamurnya coffee shop di Indonesia, berimbas pada makin majunya industri kopi Indonesia dari tahun ke tahun.

Kebiasan minum kopi yang semula lebih banyak dilakukan oleh kaum pria berusia matang, kini makin meluas ke para wanita dan remaja, dengan menjamurnya kedai kopi ini.

Peningkatan jumlah coffee shop terjadi luar biasa pada tahun 2023 lalu. Tahun itu tercatat sebanyak 4.000-an coffee shop bertumbuh di Indonesia. Jumlah ini meningkat lebih dari 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Seiring dengan menjamurnya coffee shop, meningkat pula jumlah penikmat kopi yang mengeluh jantungya berdebar sangat cepat, setelah minum kopi.

Selain jantung berdebar, perut terasa tidak nyaman bahkan hingga muntah, setelah menyeruput kopi.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Kita ketahui bersama kopi terkenal akan kandungan kafeinnya yang tinggi. Kafein sendiri merupakan senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanaman kopi dan memiliki rasa yang pahit.

Peranan utama kafein dalam tubuh adalah meningkatkan kerja psikomotor sehingga tubuh tetap terjaga dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi dan bersifat  psikoatif.

Hal ini dapat memicu naiknya tekanan darah dan jantung berdebar lebih kencang.

Namun, jantung berdebar setelah minum kopi umumnya bukan merupakan masalah medis yang serius dan dapat membaik dengan sendirinya.

Fakta lain menyebutkan bahwa tidak ada pengaruh kebiasaan minum kopi terhadap naiknya tekanan darah.

Kopi mengandung zat-zat lain yang dapat mempengaruhi tekanan darah, termasuk diantaranya asam klorogenat, flavoniod,  melanoidin,  kuinide,  magnesium,  cafastol,  dan kahwoel.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Amin dkk pada tahun 2023, zat-zat tersebut dapat menurunkan tekanan darah sehingga menyeimbangkan efek kafein dalam meningkatkan tekanan darah.

Jika mengalami jantung berdebar beberapa saat setelah meminum kopi, kita bisa langsung menghentikan konsumsi kopi saat itu juga dan menunggu efeknya reda.

Efek kopi umumnya akan terasa dalam 45 menit pertama setelah mengonsumsinya dan dapat bertahan dalam tiga hingga lima jam.

Exit mobile version