HOME

Gema Cermat AoC Kabupaten Karanganyar di Kecamatan Jumantono: Meningkatkan Kesadaran Penggunaan Obat yang Bijak

20230731 182631 0000

 

Karanganyar, IAINews – Pada hari Rabu tanggal 12 Juli 2023, Gema Cermat yang diselenggarakan oleh AoC Kabupaten Karanganyar berlangsung di Aula Kecamatan Jumantono dengan koordinasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar dan PC IAI Karanganyar.

Kegiatan dengan tema “Ayo Bijak Pakai Obat” ini berhasil menggelar serangkaian acara yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan obat yang benar.

Acara dimulai dengan pembukaan sambutan dari pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar, Kepala Puskesmas Jumantono, Ketua IAI PC Karanganyar, dan Camat Jumantono.

Setelahnya, dilaksanakan acara inti yang meliputi penyampaian materi DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang), Bijak Pakai Antibiotik, dan Penanganan Obat ED di Rumah Tangga.

Peserta acara yang terdiri dari 100 Kader posyandu tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Gema Cermat.

Setelah acara inti selesai, dilanjutkan dengan FGD (Focused Group Discussion), di mana peserta dibagi ke dalam kelompok-kelompok yang dipandu oleh 2-3 Apoteker AoC.

Diskusi ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk berdiskusi lebih mendalam dan mendapatkan penjelasan dari Apoteker terkait penggunaan obat yang benar.

Para kader yang telah mengikuti sosialisasi Gema Cermat ini kemudian dibuatkan grup Whatsapp sesuai kelompoknya, sehingga mereka dapat tetap berkomunikasi dan berkonsultasi secara online dengan para Apoteker AoC.

Jika diperlukan, Apoteker AoC akan mendatangi wilayah-wilayah hingga tingkat RT/RW di bawah binaan para kader untuk memberikan bantuan lebih lanjut.

Gema Cermat memiliki peran penting sebagai panduan dalam melaksanakan edukasi bagi masyarakat tentang penggunaan obat secara benar, termasuk dalam memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan, dan membuat obat dengan benar.

Apoteker AoC diharapkan dapat menjadi pelaksana Gema Cermat di wilayah kerjanya masing-masing dan peran tenaga kefarmasian, terutama Apoteker, perlu ditingkatkan dalam memberikan pelayanan informasi obat bagi masyarakat, khususnya sebagai Agent of Change.

Para kader kesehatan juga berperan penting dalam membantu AoC dengan pendekatan yang lebih intensif ke masyarakat yang dibinanya, bahkan hingga tingkat RT/RW.

Dalam sambutannya, Ketua IAI Kabupaten Karanganyar, apt. Agus Purnomo, MM menyatakan, “Kesehatan adalah aset berharga yang harus kita jaga dengan baik. Bagi kita yang mengandalkan obat-obatan untuk merawat kondisi kesehatan kita, perlu dipahami bahwa menggunakan obat dengan bijaksana dan cerdas sangat penting untuk mendapatkan manfaat maksimal dan mencegah risiko yang tidak diinginkan.”

Exit mobile version