HOME

Mengenal Andi Muh. Yagkin Padjalangi: Role Model Politisi Berlatarbelakang Apoteker di Sulawesi Selatan

WhatsApp Image 2023 11 26 at 18.41.49

Terjun Ke Politik

Perhitungannya yang matang untuk terjun sebagai politisi, membuahkan hasil.

Sebagai seorang politisi, kariernya terbilang cemerlang. Tidak butuh waktu lama.

Tahun 2004, sudah terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Periode 2004-2009 daerah pemilihan Bone, Soppeng dan Wajo.

Selanjutnya, kembali terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Periode 2009-2014 daerah pemilihan Makassar.

Berkat prestasinya dibarengi dengan dukungan masyarakat, kanda Andi Yagkin Padjalangi terpilih lagi sebagai anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Periode 2014-2019 daerah pemilihan Bone.

Terpilih selama 3 periode dengan dapil berbeda. Sungguh hal yang luar biasa untuk ukuran politisi.

Adapun beberapa jabatan penting yang ia duduki selama menjadi anggota DPRD provinsi 3 periode antara lain, ketua fraksi, ketua komisi yang hampir semua komisi pernah dia ketua, ketua banggar, serta telibat dalam berbagai pansus perda.

Kebanyakan politisi, juara bertahan di dapil yang sama. Terpilihnya dari dapil berbeda menjadi indikasi kuat bahwa Petta Cambang, begitu panggilan akrabnya, memiliki “sesuatu yang berbeda” dengan politisi lainnya.

Di kalangan politisi sendiri, Petta Cambang sangat disegani, dikenal luas karena pergaulannya.

Kanda Andi Yagkin Padjalangi layak digelari sebagai politisi santun dan berkarakter. Sebagai apoteker di Sulawesi Selatan, kita patut berbangga dengan capaian prestasi.

Ikhtiar Mewakafkan Diri Melalui Jalur DPD

Kanda Andi Yagkin Padjalangi telah mewakafkan dirinya untuk berbuat lebih banyak untuk kepentingan yang lebih besar.

Saat ini sedang berjuang menjadi senator melalui jalur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia dapil Sulawesi Selatan.

DPD merupakan lembaga legislatif tingkat nasional yang berperan dalam membuat Undang-Undang, mengawasi pemerintahan dan menyuarakan aspirasi daerah. Kedudukan sejajar dengan DPR.

DPD akan bekerja sama dengan DPR, pemerintah pusat, pemerintah daerah dan lembaga lainnya dalam membentuk kebijakan nasional dan melakukan pengawasan terhadap pemerintahan.

Mengutip dari pengumuman KPU terhadap hasil Daftar Sementara Bakal Calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, sesuai dengan abjad nama asli calon, kanda Andi Yagkin Padjalangi mendapat nomor urut 10 dari 18 calon, memperebutkan 4 kursi di dapil Sulawesi Selatan. Pemilihan akan dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024.

Kanda Andi Yagkin Padjalangi merupakan salah satu contoh politisi dengan latar belakang apoteker yang layak menjadi teladan bagi apoteker lainnya di Sulawesi Selatan, dia juga merupakan politisi berlatarbelakang apoteker terbaik di Sulawesi Selatan saat ini.

Exit mobile version