HOME

Sosialisasi PUI-PT Kesehatan Kulit dan Teknologi Kosmetik di Universitas Airlangga

image1 12

Samarinda, IAI News. Pada hari Sabtu, 12 Oktober 2024, berlangsung kegiatan sosialisasi PUI-PT Kesehatan Kulit dan Teknologi Kosmetik (Skin and Cosmetic Technology, SCT) Center of Excellent Universitas Airlangga (UNAIR) di Ruang Teater Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman (UNMUL).

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, di antaranya Dekan Fakultas Farmasi UNMUL, Dr. apt. Hadi Kuncoro, M.Si, yang membuka acara tersebut.

Hadir pula Wakil Dekan III Fakultas Farmasi UNAIR, Prof. apt. Dewi Melani Hariyadi, M.Phil, Ph.D; Ketua PUI-PT SCT UNAIR, Prof. Dr. apt. Tristiana Erawati, M.Si; dan Sekretaris PUI-PT SCT UNAIR, Prof. Dr. apt. Norma Rosita, M.Si.

Selain itu, Dekan Fakultas Kedokteran UNMUL, Dr. dr. Nataniel Tandirogang, M.Si, Ketua PUI – PT OKTAL UNMUL, Dr. dr. Swandari Paramita, M.Kes, serta beberapa perwakilan dari institusi lain juga turut hadir dalam acara ini.

PUI-PT merupakan pusat keunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang dioperasikan oleh perguruan tinggi di Indonesia.

Kegiatan PUI-PT berfokus pada penelitian dan teknologi spesifik yang relevan dengan kebutuhan pengguna ilmu pengetahuan, teknologi, serta produk inovasi.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Farmasi UNMUL, Dr. apt. Hadi, mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin dan berharap bisa lebih lanjut bekerja sama dengan PUI-PT SCT UNAIR melalui berbagai proyek kolaboratif, benchmarking, visitasi ke perusahaan pengguna teknologi, serta pemaparan hasil riset kepada pengambil kebijakan dan pelaku usaha.

“PUI-PT SCT UNAIR ini didirikan untuk meningkatkan keunggulan dalam penelitian dan pengembangan produk farmasi. Penelitian utama yang dilakukan adalah sistem penghantaran kosmetik dan evaluasinya untuk menghasilkan sediaan kosmetik dengan standar tinggi,” tutur Prof. Dewi.

Ia juga menjelaskan bahwa penelitian ini memenuhi persyaratan mutu, seperti stabilitas, efektivitas, keamanan, serta penerimaan produk.

Fokus penelitian mencakup sediaan anti-penuaan, tabir surya, perawatan kulit, dan penumbuh rambut.

Selanjutnya, Prof. Tristiana memaparkan bahwa PUI-PT Kesehatan Kulit dan Teknologi Kosmetik (SCT) merupakan bagian dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga.

Dalam pemaparannya, ia menjelaskan tentang struktur organisasi PUI-PT SCT serta prestasi yang telah dicapai dan produk yang telah dikembangkan.

Prof. Norma kemudian menjelaskan mengenai Kelompok Riset Kosmetik yang telah mempelajari berbagai bahan aktif.

“Bahan-bahan tersebut meliputi Ubiquinone (Q10), Resveratrol, Epigallocatechin Gallate (EGCG), Stem Cell Metabolite Product (AMSC-MP), dan Tretinoin, yang dikembangkan dengan berbagai sistem pengiriman seperti Nanoemulsion, Solid Lipid Nanoparticle (SLN), Nanostructured Lipid Carrier (NLC), Mikropartikel, serta Transfersomes untuk digunakan sebagai produk antipenuaan.

Exit mobile version