Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

115 Relawan Catatkan Diri dalam Aksi Donor Darah Kolaborasi GP Farmasi, Hisfardis dan PMI

donor darah lampung 1
banner 120x600
banner 468x60

LAMPUNG, IAINews – Sebanyak 115 relawan mencatatkan diri bergabung sebagai relawan dalam aksi donor darah yang diselenggarakan di Sport Center Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung, Minggu 18 Agustus 2024 lalu.

Kolaborasi GP Farmasi dan Hisfardis Lampung bersama PMI sukses mengajak Masyarakat untuk bergabung dalam aksi donor darah tersebut.

Iklan ×

Aksi donor darah ini digelar dalam rangka memperingati ulang tahun Gabungan Perusahaan Farmasi (GP Farmasi) Lampung yang ke-2,

GP Farmasi berkolaborasi dengan Himpunan Seminat Farmasi Distributor (HISFARDIS) Lampung dan Palang Merah Indonesia (PMI) Lampung.

donor darah lampung 2

Aksi donor darah ini berhasil mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari para pendonor. ‘’Tidak kurang dari 115 orang relawan tercatat sebagai pendaftar awal donor darah. Ini melebihi target awal yang ditetapkan,’’ ungkap apt Fardlu Firdaus.

Meskipun demikian, tidak semua pendaftar dapat melakukan donor darah karena beberapa alasan medis, seperti nilai hemoglobin yang kurang dari normal dan calon pendonor yang sakit.

Sebanyak 84 orang berhasil mendonorkan darah melalui prosedur yang dilaksanakan oleh panitia.

‘’Selain untuk memenuhi kebutuhan darah di Lampung dan sekitarnya, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar karyawan distributor farmasi. Kegiatan donor darah ini mengangkat tema ‘Setetes Darah, Berjuta Harapan,’’ jelas apt. Fardly Firdaus, S.Farm selaku ketua pelaksa donor darah kepada IAINews.

Baca Juga  Munas Himpunan Seminat dan Perhimpunan Ditutup, Ketua Himpunan Terpilih Secara Demokratis

Darah merupakan salah satu komponen utama tubuh yang paling penting mengingat  fungsinya dalam kelangsungan hidup.

‘’Saat ini jumlah permintaan dengan jumlah stok darah di masyarakat tidak seimbang. Hal ini tentu bisa membahayakan nyawa pasien jika tidak segera diatasi,’’ tutur Endeng Kesuma Wijaya.

donor darang lampung 3

‘’Oleh karena itu, untuk menunjukkan wujud kepedulian, kami mengadakan kegiatan donor darah agar kita dapat saling membantu sesama yang membutuhkan,’’ kata Endeng Kesuma Wijaya, Ketua GP Farmasi Lampung.

‘’Antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap kegiatan donor darah ini sungguh membanggakan,’’ ujar dr Dian, petugas Unit Donor Darah PMI Lampung.

‘’Petugas Unit Donor Darah PMI Lampung ingin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kepedulian dan semangat kemanusiaan yang telah ditunjukkan,’’ lanjut dr Dian.

‘’Setiap tetes darah yang disumbangkan merupakan bentuk nyata dari kepedulian kita terhadap sesama, dan akan sangat bermanfaat bagi pasien yang membutuhkan transfusi darah,’’ kata dr. Dian, mengapresiasi antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap kegiatan ini.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *