Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Pastikan Tak Ada Peredaran Obat dan Makanan Ilegal, Tim Satgas Sidak Pasar Tradisional Karanganyar

Untitled design 2
Tim Satgas Sidak Pasar Tradisional di Karanganyar
banner 120x600
banner 468x60

Karanganyar, IAINews – Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Karanganyar yang tergabung dalam tim Satgas Pemberantasan Obat dan Makanan Ilegal melakukan kegiatan Briefing dan Sidak Lapangan di Pasar Tradisional Kabupaten Karanganyar pada hari Senin, 17 April 2023 menjelang hari raya Idul Fitri. Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan obat dan makanan yang memenuhi syarat kesehatan.

Dalam kegiatan ini, IAI Karanganyar bekerja sama dalam satu tim dengan berbagai instansi, seperti Dinas Kesehatan, Setda Kab. Karanganyar, DPMPTSP, Loka POM di Surakarta, Dinas Perdagangan Perindustrian dan Tenaga Kerja, Diskominfo, PAFI, Polisi Pamong Praja, Satreskrim, dan Sarnarkoba Resort Karanganyar, dll. Hal ini menunjukkan komitmen semua pihak untuk memberantas peredaran obat dan makanan ilegal di pasar tradisional.

Iklan ×

Untitled design 3

Ketua IAI Karanganyar, apt. Agus Purnomo, MM, mengungkapkan bahwa salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan obat dan makanan yang memenuhi syarat kesehatan. “Kami berharap, dengan kegiatan ini, masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan obat dan makanan yang aman dan berkualitas,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, tim Satgas berhasil menemukan peredaran Obat Keras, Obat Bebas Terbatas, maupun obat yang mengandung prekursor dan OOT yang masih beredar secara bebas di Toko Kelontong Pasar Tradisional. Temuan ini kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan pembinaan kepada pelaku usaha oleh Tim Satgas bersama dengan Lurah Pasar kepada pedagang.

Baca Juga  Doa Bersama Demi Kesehatan Bangsa, Nofendri Roestam : 7000 Lulusan Apoteker Per Tahun Terancam Oleh Task Shifting RUU Kesehatan OBL

Selain itu, untuk temuan obat kadaluarsa, tim Satgas langsung melakukan pemusnahan di tempat. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan obat yang sudah kadaluarsa dan mengancam kesehatan masyarakat.

Untitled design 4

Kegiatan ini diawali dengan briefing Tim Satgas dan menuju ke Pasar Tradisional. Tim kemudian menunjukkan surat tugas kepada Lurah Pasar atau Penanggung Jawab Pasar dan melakukan pemeriksaan Sidak di Pasar oleh tim serta mendokumentasikan serta membuat berita acara. Selanjutnya, berdasarkan hasil temuan Tim Satgas melakukan pembinaan dan edukasi terhadap pelaku usaha.

Ketua IAI Karanganyar, apt. Agus Purnomo, MM, menyatakan bahwa kegiatan ini akan terus dilakukan secara rutin untuk memastikan pasar tradisional di Kabupaten Karanganyar bebas dari peredaran obat dan makanan ilegal. “Kami berharap kegiatan ini dapat membantu pemerintah dalam memberantas peredaran obat dan makanan ilegal yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat,” tambahnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menggunakan obat dan makanan yang aman dan berkualitas serta memberikan efek jera bagi pelaku usaha yang masih melakukan peredaran obat dan makanan ilegal.

banner 325x300

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *