Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90
Blog  

69 Tahun IAI : Berbeda-beda Tetap Satu Jua

Kalsel tanah Bumbu 1
Apoteker Kalimantan Selatan menyerahkan bantuan untuk korban bencana banjir di Kabupaten Tanah Bumbu
banner 120x600
banner 468x60

“Jangan mencari perbedaan tetapi carilah persamaan agar kita selalu bersatu untuk Indonesia maju”

TAHUN 2024 ini, 69 tahun IAI menapaki pengalaman hidup sebagai organisasi. Jika mengikuti definisi Kamus Besar Bahasa Indonesia, ketika berusia di atas 60 tahun maka masuk dalam kategori lansia.

Iklan ×

Kementerian Sosial RI pun membagi tiga katagori lansia 60-69 merupakan lansia muda, 70 – 79 tahun lansia madya, dan 80 tahun ke atas lansia tua.

Usai 69 tahun, merupakan batasan akhir lansia muda dan segera memasuki masa lansia madya.

Usia yang bisa dikatakan tidak muda lagi, sudah banyak makan asam garam kehidupan. Lebih dewasa dan bijaksana dalam menghadapi berbagai halang rintang dan tantangan yang berada di depan mata.

Salah satu tantangan di depan mata yakni dengan keluarnya UU No. 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan.

Di dalam UU No. 17 Tahun 2023 tersebut menghilangkan aturan terkait setiap jenis tenaga kesehatan hanya dapat membentuk satu organisasi profesi.

Otomatis dengan hilangnya aturan tersebut, Ikatan Apoteker Indonesia tidak menjadi satu-satunya organisasi profesi untuk apoteker.

Seperti diketahui bersama selain IAI, terbentuk pula organisasi profesi yang beranggotakan apoteker antara lain: Farmasis Indonesia Bersatu (FIB) dan Persatuan Apoteker Sejahtera Indonesia (PASI).

Baca Juga  (Andai) Dagusibu Menjadi Pemahaman Utuh

Kedua organisasi tersebut sama-sama beranggotakan apoteker walaupun dengan visi dan misi masing-masing.

Inti dari semua organisasi tersebut ingin bersama-sama mensejahterakan apoteker dan mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat.

Tak perlu saling mencari kesalahan dan kekurangan masing-masing organisasi, terlebih lagi sudah 69 tahun IAI terbentuk, tentu memiliki pengalaman sangat panjang yang dijalani dari jajaran pengurus cabang hingga pengurus pusat.

Di angka 69 tahun IAI, ternyata mampu bersikap bijaksana dalam menghadapi berbagai tantangan dan rintangan yang ada di depan mata.

Semua permasalahan yang muncul, baik dari dalam maupun luar organisasi, dijadikan sebagai sarana untuk semakin mendewasakan dan menguatkan IAI.

Bila diibaratkan, organisasi adalah kendaraan yang mengantarkan penumpangnya mencapai tujuan. Kendaraan dengan berbagai corak dan kekhasan masing-masing, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tak perlu saling menjatuhkan. Saatnya saling rangkul dan berkolaborasi antar organisasi profesi, sebab kita memiliki tujuan utama untuk sama-sama menggapai Indonesia Emas tahun 2045 dengan mempersiapkan generasi-generasi sehat yang akan melanjutkan tongkat kepemimpinan di era masa depan.

Apoteker Indonesia itu satu yakni kita semua. Jangan terpecah belah atau  saling menyerang. Boleh berbeda pandangan dan organisasi tapi perlu dicari kesamaan yang ada di dalam diri.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *