Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Aksi Nyata IAI PD Bengkulu : Edukasi Penggunaan Obat & Dampaknya dalam Dialog RRI Pro 1

Desain tanpa judul 2
Aksi Nyata IAI PD Bengkulu Mengedukasi Masyarakat Disiarkan dalam Berita Pagi LPP RRI Pro 1
banner 120x600
banner 468x60

Jika hal ini dilakukan, pasien akan mendapatkan informasi yang lengkap,” tambah apt. Suci. Terutama untuk obat golongan antibiotik, penting untuk menggunakan obat tersebut dengan tepat agar tidak terjadi resistensi. “Resistensi antibiotik terjadi karena penggunaan obat yang tidak sesuai dengan penyebab infeksi. Oleh karena itu, konsultasikan ke dokter ataupun apoteker dan ikuti petunjuk penggunaan dengan benar agar tidak terjadi resistensi atau situasi di mana obat yang sama tidak dapat digunakan untuk pengobatan,” jelas apt. Suci.

Antusiasme masyarakat sangat besar dalam mendengarkan program dialog pagi ini, dan mereka dapat berinteraksi langsung melalui telepon. “Apakah seseorang dapat menggunakan obat yang direkomendasikan langsung oleh petugas apotek?” tanya Toto melalui telepon. “Swamedikasi dapat dilakukan oleh apoteker dengan memperoleh informasi mengenai gejala serta memberikan obat sesuai dengan ketentuan hukum, baik itu obat bebas, obat bebas terbatas, maupun obat keras yang masuk dalam kategori Obat Wajib Apotek (OWA) atau obat keras yang dapat diberikan oleh apoteker kepada pasien tanpa resep,” jawab apt. Runni.

Iklan ×

Proses pengobatan juga bersifat personal. “Pengobatan itu bersifat individual, bahkan jika dua orang mengalami sakit pilek, penyebabnya bisa berbeda antara virus dan bakteri. Oleh karena itu, saat membeli obat, pastikan sesuai dengan indikasi yang ada. Jika batuk berkepanjangan, apotek juga dapat merujuk pasien ke puskesmas,” tambah apt. Suci.

Baca Juga  Relawan Apoteker Bertugas di Lokasi Bencana Turki

Sesi kedua membahas tentang penyimpanan obat dengan memperhatikan aturan penyimpanan dan pembuangan obat yang tertera pada kemasannya. “Obat dalam bentuk tablet harus disimpan dengan benar, jauh dari jangkauan anak-anak, dan hindari paparan sinar matahari langsung. Misalnya, obat sirup yang ditambahkan dengan air akan menjadi berjamur dan rusak sebelum masa kadaluwarsa jika tidak disimpan dengan baik. Selain itu, jangan melepas label obat agar tidak terjadi kekeliruan dalam penggunaan. Jangan pula menyimpan obat dalam mobil untuk waktu yang terlalu lama, perhatikan tanggal kedaluwarsa, dan berikan tanda tanggal buka pada kemasan,” papar apt. Runni.

“Obat merupakan zat kimia yang rentan rusak jika terpapar lingkungan. Jika obat disimpan di dalam kulkas, pastikan wadahnya tertutup rapat. Sebaiknya masyarakat menyiapkan kotak khusus untuk menyimpan obat, letakkan di tempat yang lebih tinggi dan tidak terkena panas, serta pastikan tanggal kedaluwarsa pada obat dalam bentuk tablet tetap terlihat,” tambah apt. Suci.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *