Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Apoteker Om-Idaman Tingkatkan Peran dalam Menekan Penyakit Tidak Menular

Om Idaman 1
Apt Mega Silviana, ketiga dari kanan saat bersama Walikota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, SH (baju warna merah)
banner 120x600
banner 468x60

Durasi yang dibutuhkan untuk setiap pasien yakni 20-30 menit tiap kunjungan, dengan kunjungan 1 bulan sekali selama 3 bulan.

Hingga saat ini pasien yang mengikuti Om-Idaman berjumlah 80 orang.

Iklan ×

Beberapa tantangan yang dirasakan saat mengunjungi pasien yakni terkait waktu, karena hanya bisa dilakukan di luar jam pelayanan di puskesmas.

‘’Selain itu juga memastikan dan menemukan alamat pasien ini juga kendala tersendiri. Disamping itu ada beberapa masalah teknis pada saat terjun ke lapangan,’’ ungkap apt Mega Silviana.

Inovasi ini turut memanfaatkan teknologi antara lain penggunaan edukasi digital, aplikasi Home Medication Review (HMR),  penggunaan website www.om-idaman.com, dan pemanfaatan grup WhatApps untuk pasien penyakit tidak menular.

‘’Saat berkunjung langsung ke rumah pasien, kita bisa melihat langsung kisah-kisah perjuangan pasien untuk meningkatkan kualitas hidup mereka,’’ ungkap apt Mega Silviana.

Baca Juga  Apoteker Wajib Tahu, Kunjungan Elon Musk ke Indonesia: Merevolusi Konektivitas Internet Global

‘’Ini juga menjadi inspirasi bagi apoteker untuk lebih simpati dan empati kepada mereka,’’ tutur apt Mega Silviana.

‘’Bahkan ada pasien yang hendak minta rutin dikunjungi walaupun harus bayar. Padahal ini adalah program dari puskesmas yang bersifat gratis,’’ ujar apoteker lulusan Universitas Islam Indonesia ini.

Peran apoteker tidak hanya ada di dalam puskesmas. Ternyata, masyarakat pun antusias dengan datangnya apoteker ke rumah-rumah mereka.

Dengan kehadiran apoteker ke rumah-rumah masyarakat, mereka merasa sangat diperhatikan dan dihargai keberadaannya, terlebih untuk pasien-pasien geriatri yang sangat memerlukan perhatian khusus terhadap penyakit yang ada pada diri mereka.

Om-Idaman hadir agar bisa meningkatkan peran apoteker untuk menekan penyakit kronis di masyarakat dan keberadaan apoteker pun semakin dirasakan oleh masyarakat secara luas.***

 

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *