Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

apt. Dita Novianti Sugandi: Organisasi Profesi dan Apoteker Berperan Strategis dalam Transformasi Kesehatan

IMG 20240828 100016 edit 38095797695748 scaled
oznorTO
banner 120x600
banner 468x60

apt. Dita menyebutkan bahwa upaya ini termasuk pelatihan dan sertifikasi apoteker untuk memastikan mereka memiliki kompetensi yang diperlukan dalam menghadapi tantangan dan kebutuhan kesehatan yang terus berkembang.

Penerapan Teknologi Digital

Iklan ×

Materi paparan juga menyoroti pentingnya penerapan teknologi digital dalam sektor kesehatan.

apt. Dita menjelaskan bahwa teknologi informasi memainkan peran krusial dalam monitoring terapi obat, rekam medis elektronik, dan digitalisasi sistem kesehatan.

“Pemanfaatan teknologi ini memungkinkan kita untuk melakukan monitoring yang lebih efektif dan efisien terhadap terapi obat, serta memastikan data rekam medis yang akurat dan terintegrasi,” ujarnya.

Transformasi digital ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam sistem kesehatan, serta memberikan kemudahan akses informasi bagi apoteker dan tenaga kesehatan lainnya.

apt. Dita menekankan bahwa teknologi juga dapat membantu dalam mengoptimalkan proses distribusi obat dan meningkatkan pelayanan kefarmasian di berbagai tingkat fasilitas kesehatan.

Penguatan Peran Apoteker

Sebagai bagian dari upaya transformasi kesehatan, penguatan peran apoteker menjadi salah satu fokus utama.

apt. Dita mendorong apoteker untuk aktif terlibat dalam pilar-pilar transformasi kesehatan, dengan fokus pada peningkatan kompetensi dan pemahaman dalam pelayanan obat dan alat kesehatan. “Kami mengajak para apoteker untuk terus meningkatkan kompetensi mereka, agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan berkontribusi dalam mencapai tujuan kesehatan nasional,” tuturnya.

Baca Juga  Menavigasi Regulasi dan Pengawasan Layanan Telefarmasi di Indonesia

Materi ini menegaskan bahwa sinergi antara IAI dan pemerintah sangat penting untuk keberhasilan transformasi sistem kesehatan nasional.

Dengan peningkatan standar pelayanan dan menjaga profesionalisme apoteker, diharapkan akan tercipta sistem kesehatan yang lebih baik dan berkelanjutan di Indonesia.

Kesimpulan

Paparan materi dari apt. Dita Novianti Sugandi memberikan wawasan mendalam mengenai peran strategis IAI dalam mendukung transformasi sistem kesehatan di Indonesia.

Melalui kolaborasi yang erat antara IAI dan pemerintah, serta pemanfaatan teknologi digital, diharapkan dapat terwujud sistem kesehatan yang lebih baik, inklusif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Acara Pembukaan Rakernas dan PIT IAI 2024 ini menjadi momentum penting untuk melanjutkan komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan profesionalisme apoteker di Indonesia.

Post Views: 99
banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *