Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Ayam Taliwang Siap Menggoyang Lidah Peserta Rakernas dan PIT IAI 2024 di Lombok

IMG 20240829 WA0054 edit 57124825279303
banner 120x600
banner 468x60

Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) kembali menggelar agenda besar tahunan, yakni Rapat Kerja Nasional dan Pertemuan Ilmiah Tahunan (Rakernas dan PIT).

Acara ini menjadi wadah bagi para apoteker untuk merumuskan berbagai keputusan strategis organisasi sekaligus ajang pembelajaran dan unjuk karya di bidang ilmiah.

Iklan ×

Rakernas dan PIT 2024 diselenggarakan pada 28-31 Agustus di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Hal menarik dalam pembukaan Rakernas kali ini adalah promosi kuliner legendaris Lombok, Ayam Taliwang, yang menjadi sajian wajib bagi para peserta. Ketua PD IAI NTB, apt. Agus Supriyanto, bersama Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, mengajak para peserta untuk menikmati kuliner khas Lombok yang kaya citarasa.

Namun, seperti apa sebenarnya Ayam Taliwang ini?

IMG 20240829 WA0052
Foto: Ayam Taliwang khas Lombok menggugah rasa dan selera

Menurut cerita, masakan Ayam Taliwang berasal dari Kerajaan Taliwang di Pulau Sumbawa.

Konon, masakan ini menjadi sarana mediasi untuk meredakan peperangan antara Kerajaan Selaparang dan Karangasem Bali yang menyerbu Kerajaan Selaparang di Lombok.

Kerajaan Taliwang mengirim prajurit dan juru masak yang kemudian menetap di Desa Karang Taliwang, Lombok.

Para juru masak ini menyajikan hidangan lezat untuk diplomasi perdamaian, salah satunya adalah Ayam Taliwang yang menjadi favorit Raja Karangasem dan Selaparang.

Baca Juga  Jalan-Jalan Rakernas PIT IAI Lombok 2024: Bersantai Sore dan Melepas Penat di Pantai Nipah
IMG 20240829 WA0051
Foto: Desa Karang Taliwang, sentra kuliner Ayam Taliwang

Ayam Taliwang juga merupakan hasil akulturasi budaya antara masyarakat Taliwang dan Sasak Lombok. Masyarakat Sasak yang menyukai rasa pedas memberikan sentuhan baru pada Ayam Taliwang, menjadikannya masakan bercitarasa pedas yang kini menjadi ciri khasnya.

Ayam Taliwang terbuat dari ayam kampung muda yang dibakar setengah matang, lalu dicelupkan ke dalam minyak panas dan digeprek agar empuk. Ayam tersebut kemudian dilumuri dengan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai keriting, kemiri, hingga terasi yang dibakar. Proses akhir penyajiannya bisa dibakar atau digoreng sesuai selera.

IMG 20240829 WA0053
Foto: Proses penyiapan Ayam Taliwang di Warung Taliwang Khas Pak Udin

Rasa pedas menyengat dan gurih dari Ayam Taliwang akan semakin nikmat jika disajikan bersama plecing kangkung dan sambal beberuk. Para peserta Rakernas dan PIT IAI 2024 dapat mencoba kuliner ini di beberapa tempat yang direkomendasikan, seperti Rumah Makan Taliwang Pertama H. Taufiq Moerad di Desa Karang Taliwang, atau Taliwang Khas Pak Udin di Jalan Gelatik No. 28, Cakranegara, Kota Mataram. Kedua lokasi tersebut tidak jauh dari tempat acara berlangsung.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *