Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Buktikan Kualitasnya, Farmasi Poltekkes Kemenkes Jambi Raih Akreditasi Unggul

poltekes jambi 2
banner 120x600
banner 468x60

JAMBI, IAINews – Program Studi D3 Farmasi Poltekkes Kemenkes Jambi meraih predikat akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).

Prestasi gemilang yang diraih Politeknik  Kesehatan Kementerian Kesehatan  Jambi ini diumumkan pada 20 Juli 2024 lalu.

Iklan ×

Sebelumnya dilakukan visitasi pada tanggal 27-29 Juni 2024 oleh dua asesor kompeten yaitu Prof. Dr. rer,nat.apt. Sophi Damayanti dan Darwin Syamsul, S.Si., M.Si., apt.

Akreditasi unggul adalah pengakuan yang diberikan kepada institusi pendidikan yang menyediakan pendidikan berkualitas tinggi  dan kinerja yang sangat baik dalam berbagai aspek, seperti kurikulum, manajemen, fasilitas, dan kualitas lulusan.

‘’Pencapaian ini salah satunya adalah karena lulusan D3 Farmasi yang kompeten dan tersebar di berbagai wilayah. Ini membuktikan keberhasilan program studi berperan dalam pemenuhan kebutuhan Tenaga Teknis Kefarmasian,’’ ujar Dr.apt Dona Muin, S. Far., M.Si selaku Ketua Program Studi D3 Farmasi.

poltekes jambi
Berfoto bersama saat visitasi

Salah satu aspek penting dalam akreditasi adalah Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

‘’Penjaminan Mutu Internal (AMI) di Poltekkes Kemenkes Jambi dilakukan dua kali setahun yang sebelumnya prodi telah melakukan evaluasi diri,’’ ujar Sofiyetti, SKM, M. Gizi selaku Ketua Sub Mutu dan Pengembangan Pendidikan Jurusan Farmasi.

Sofiyetti, SKM, M. Gizi menjelaskan bahwa siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan) yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi telah berjalan dengan baik di Program Studi D3 Farmasi dan pelaporannya lengkap.

Baca Juga  10 Tim Farmasi UNJA Berhasil Mendapatkan Pendanaan Program Mahasiswa Wirausaha

‘’Audit Mutu Akademik pada kriteria  6-9 dilakukan pada bulan Mei dan Audit Mutu Non Akademik pada kriteria 1-5 dilakukan pada bulan Oktober. Hasil audit diverifikasi pada Juni dan November untuk kemudian dilakukan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dan Monitoring Evaluasi pada bulan berikutnya,’’ tambah Sofiyetti.

Ketua Jurusan Farmasi, apt. Agusriani, S. Si., M. Kes berharap Program Studi D3 Farmasi bisa semakin maju dan dapat menampung lebih banyak lagi putra-putri bangsa yang ingin berkarir sebagai Tenaga Teknis Kefarmasian.

‘’Untuk pengembangan selanjutnya, saat ini jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Jambi sedang mengusulkan pembukaan program studi (Prodi) baru yaitu program studi D3 Anafarma (Analis Farmasi dan Makanan) yang sekarang sedang berproses,’’ jelas Agusriani.

Akreditasi unggul ini diharapkan meningkatkan kepercayaan masyarakat dan calon mahasiswa terhadap kualitas pendidikan di Poltekkes Kemenkes Jambi. Selain itu, diharapkan juga dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan dan kemajuan sektor kesehatan di Indonesia, khususnya di wilayah Jambi.***

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *