Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Cerita Apt. Matris Londa Berangkat ke Jakarta Karena Inovasi Arion Malaria

Matris Londa 1
Apt Matris Londa, Tenaga Kesehatan Nasional Katagori Puskesmas dari Sorong, Provinsi Papua Barat Daya
banner 120x600
banner 468x60

SORONG, IAINews – Banyak cerita seru dibalik terpilihnya sejumlah tenaga kesehatan teladan. Salah satunya adalah apt Matris Londa yang terpilih sebagai tenaga kesehatan teladan berkat inovasi Arion Malaria karyanya.

Melalui penunjukan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong, apt. Matris Londa, S.Si yang akrab disapa apoteker Matris mewakili Kabupaten Sorong mengikuti seleksi tingkat Provinsi Papua Barat Daya.

Iklan ×

Bersama sejumlah tenaga Kesehatan lain, apt Matris Londa mengikuti seleksi pada bulan Juni 2023. Apoteker Matris berdinas di UPTD Puskesmas Malawili, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

Seleksi tenaga kesehatan teladan ini pertama kali diadakan oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Papua Barat Daya.

Hal ini mengingat Provinsi Papua Barat Daya merupakan salah satu provinsi yang baru terbentuk.

Metode seleksi yang digunakan kali ini yaitu melalui tahapan wawancara dan presentasi makalah mengenai inovasi yang dibuat oleh masing-masing peserta.

Saat terpilih sebagai tenaga Kesehatan teladan tingkat nasional tahun 2023 lalu, apt. Matris Londa aktif di PD IAI Papua Barat.

Apt. Matris Londa anggota Dewan Pengawas PD IAI Papua Barat dan juga menjabat sebagai ketua Pengurus Cabang IAI Kabupaten Sorong selama 2 periode yaitu masa bakti 2015-2019 & 2019-2023.

Baca Juga  Pojok Ngombe, Saat Obat Herbal Jadi Solusi

Selain itu dalam karirnya di Pemerintahan apt. Matris sebelumnya bekerja di Dinas Kesehatan Kab Sorong pada tahun 2010-2014.

Aktifitasnya sebagai pengurus IAI menambah bobot penilain apt Matris Londa sebagai tenaga kesehatan teladan tahun 2023.

Sebagai apoteker yang bekerja di puskesmas, apt. Matris banyak mendapati kasus malaria yang semakin meningkat.

Hal inilah yang membuatnya mengangkat tema makalah tentang edukasi dan pelayanan informasi obat malaria kepada masyarakat dengan inovasi Arion Malaria.

‘’Karena memang di daerah timur khususnya Papua, malaria merupakan salah satu penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan di Masyarakat,’’ jelas apt Matris Londa.

‘’Komitmen untuk pengendalian penyakit ini diharapkan bisa menjadi perhatian kita semua,’’ tambah apt Magtris Londa.

Menurut apt Matris Londa, tantangan terbesar dalam upaya pengobatan malaria adalah resistensi obat.

Matris Londa 2
Apt Matris Londa memberikan penyuluhan langsung kepada masyarakat mengenai penyakit malaria melalui inovasi Arion Malaria karyanya

‘’Resistensi obat terjadi karena penggunaan obat yang tidak rasional. Dan kasus malaria di wilayah kerja kami mengalami peningkatan dari pertengahan tahun 2022 hingga awal tahun 2023,’’ tutur apt. Matris Londa.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *