Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Coffee Shop Menjamur, Trend Ngopi Meningkat, Perhatikan Hal ini Sebelum Joint The Trend

pexels quang nguyen vinh 222549 2159074 coffee shop
banner 120x600
banner 468x60

Efek kopi di dalam tubuh akan berkurang setengahnya dalam lima jam dan menjadi 25 persen dalam lima jam setelahnya.

Untuk mengatasi efek kopi, bisa dengan mengkonsumsi air putih yang banyak dan memperbaiki pernafasan. Lalu lakukan aktivitas fisik dan rajin berolahraga pada hari-hari setelahnya.

Iklan ×

Selain jantung berdebar, penelitian Laili pada tahun 2020 menyebutkan bahwa kopi  juga merupakan salah satu faktor pencetus dispepsia.

Hal ini terjadi, karena kafein yang terdapat pada kopi akan menyebabkan peningkatan  sekresi  asam  lambung.

Peningkatan sekresi     asam     lambung     akan     menyebabkan terjadinya  peradangan  pada  mukosa  lambung  dan menyebabkan timbulnya dispepsia.

Dispepsia    merupakan    ketidaknyamanan pada  saluran  cerna  atas  yang  mengganggu atau ketidaknyamanan pada perut bagian atas.

Dispepsia bisa ditandai dengan beberapa tanda dan gejala, antara lain rasa cepat kenyang saat makan, perut terasa kembung dan begah setelah makan.
Gejala lain adalah timbulnya rasa tak nyaman di bagian ulu hati, rasa terbakar atau panas di ulu hati dan kadang rasa terbakar ini bisa menjalar dari ulu hati hingga ke tenggorokan.

Dispepsia juga ditandai dengan rasa mual dan kadang-kadang dapat disertai dengan muntah, meskipun hal ini jarang terjadi.

Sehingga perlu diperhatikan sebelum meminum kopi pastikan lambung Anda sudah terisi dengan makanan lain terlebih dahulu untuk mencegah naiknya asam lambung.

Baca Juga  Mengukur Kualitas Hidup Pasien dan Manfaat Obat terhadap Biaya

Karena jika dibiarkan dispepsia ini akan memicu gangguan lain seperti GERD, obesitas, stress, iritasi usus dan gangguan penyakit lainnya ada pencernaan kita.

Jika Anda gemar minum kopi, kita perlu memperhatikan seberapa banyak konsumsi dan bagaimana cara mengonsumsinya.

Setiap orang memiliki preferensi masing-masing dalam hal minum kopi. Ada yang cuma sehari sekali minum kopi saat pagi hari, ada pula yang bisa sampai tiga-empat kali sehari.

Untuk meghindari hal yang tidak diinginkan, minum kopi tidak  lebih dari tiga cangkir per hari,  lebih baik minum kopi hitam tanpa campuran apa pun.

Jangan minum kopi di malam hari karena bisa membuat sulit tidur, bila ingin mengurangi pahit kopi tambahkan kayu manis yang justru dapat menurunkan kolesterol dan gula darah.

Apabila tiap kali mencoba minum kopi terasa dada berdebar, hindari minum kopi terlebih dahulu dan konsultasikan kesehatan jantung ke dokter jantung.

Dan sebaiknya minum kopi tidak dalam keadaan perut kosong untuk menghindari naiknya asam lambung yang berlebihan.

Mari kita mengikuti trend kekinian dengan tetap memperhatikan kesehatan kita untuk jangka pendek bahkan jangka panjang. Salam sehat.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *