HOME

Edukasi Tepat Mampu Tingkatkan Pemahaman Dagusibu Siswa SMK

PC Tegal 4

TEGAL, IAINews – Pemahaman Dagusibu siswa SMK ternyata dapat ditingkatkan dengan penyuluhan yang tepat. Pemahaman Dagusibu ini penting sebagai bagian dari upaya peningkatan kesehatan masyarakat.

Kegiatan penyuluhan itu dilakukan oleh tim dosen Program Studi Diuploma III Farmasi Politeknik Harapan Bersama bekerjasama dengan Pengurus Cabang  Ikatan Apoteker Indonesia (PC IAI) Kota Tegal.

Acara pengabdian masyarakat di SMK Al Amin Tegal ini merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan penggunaan obat yang rasional. Kegiatan ini bertema ‘Pemberian Edukasi Gema Cermat (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat) Melalui Program ‘Tanya 5 O’’.

Sebanyak 36 siswa siswi kelas X dan XI jurusan Farmasi dan Teknik Komputer Jaringan SMK Al Amin Tegal mengikuti kegiatan yang dilaksanakan selama 2 jam sejak pukul 08.00 pagi tersebut.

‘’Kegiatan ini dimulai dengan pengisian pre-test oleh para peserta untuk mengukur pemahaman awal mereka, ‘’ tutur apt. Rizki Febriyanti, M.Farm, staf pengajar Program Studi Diploma III Farmasi Politeknik Harapan Bersama.

Apt Rizki bersama timnya, yakni Apt Sari Prabandari, S.Farm, MM, Kusnadi, M.Pd dan 3 mahasiswa yakni Febrilliani Kharisma Kesaya, Irdelia Wahyu Puspitasari dan  Dian Ayu Laely kemudian melakukan sosialisasi dan pemaparan materi edukasi.

Apt Rizki adalah juga seorang Agen of Change (AoC) dari perwakilan PC IAI Kota Tegal. Materi yang disampaikan mencakup empat topik utama dalam Gema Cermat, yaitu penggolongan obat, Dagusibu (Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang obat dengan baik dan benar), penggunaan obat rasional dan penggunaan antibiotic bijak serta Tanya 5 O.

Dalam kesempatan itu, apt Rizki menjelaskan mengenai definisi  dan penggolongan obat. Obat digolongkan menjadi obat bebas, obat bebas terbatas, obat keras dan narkotika.

Apt Rizki juga menjalaskan bagaimana cara mendapatkan obat dengan benar untuk menghindari risiko penggunaan obat yang tidak rasional.

Mengenai Dagusibu, apt Rizki mengupas bagaimana cara mendapatkan obat dengan benar, penggunaan berbagai jenis obat seperti obat minum, suppositoria, obat oles, inhalasi, dan lain-lain.

Selain itu, disampaikan juga cara menyimpan obat yang baik untuk menjaga kualitas dan cara membuang obat yang benar agar tidak disalahgunakan.

Dalam kesempatan itu, dijelaskan juga mengenai penggunaan obat rasional dan penggunaan antibiotik secara bijak.

Apt Rizki menekankan pentingnya penggunaan obat sesuai resep dan anjuran dokter. Dia juga menggugah kesadaran akan resistensi antibiotik yang disebabkan oleh penggunaan antibiotik yang tidak tepat.

Exit mobile version