Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Galekat Naga Terobosan Kepala Puskesmas Loang Jadikan Tenaga Kesehatan Teladan 2024

Galekat 1
Fransiska Listiyanti Toja, S.Si, Kepala Puskesmas Loang, mendapatkan anugerah sebagai Tenaga Kesehatan Teladan 2024
banner 120x600
banner 468x60

Program ini dijalankan secara rutin setiap bulan dan ditetapkan menjadi hari kesehatan desa.

Capaian dalam program ini adalah masyarakat dapat datang secara serentak ke balai desa untuk melakukan pemeriksaan Kesehatan.

Iklan ×

Dengan begitu maka tercapai efisiensi waktu dan biaya bagi masyarakat terutama yang tinggal jauh dari fasilitas kesehatan.

Dalam menjalankan program ini menjadi tantangan tersendiri bagi Atty Toja karena dihadapkan dengan karakter dan budaya masyarakat yang keras.

‘’Mereka tidak mau membawa anak balita, remaja 15 tahun ke atas maupun lansia untuk memeriksakan diri secara rutin pada kegiatan posyandu,’’ tutur Atty Toja kepada IAINews.

Untuk memecahkan persoalan ini Atty Toja bekerja sama dengan tim program Program Keluarga Harapan (PKH) di desa.

Mereka membuat kesepakatan bahwa semua masyarakat yang ingin menerima bantuan PKH wajib mengisi kartu menuju sehat (KMS) dengan tuntas bagi seluruh anggota keluarga.

Alhasil seluruh masyarakat antusias dan program Galekat Naga berhasil dijalankan.

Bagi masyarakat yang berhalangan dan tinggal di rumah, tim lintas sektor ini juga melakukan kunjungan secara rutin ke rumah masyarakat untuk melakukan skrining dan memberikan edukasi kesehatan.

Baca Juga  Kasie Kolag Kemanisan Antarkan Apt Grease Prathama Raih Juara 1 Tenaga Kesehatan Teladan Farmasi Kota Palembang

Sebagai seorang ahli farmasi Atty Toja tidak lupa memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya memahami cara menggunakan obat dengan baik dan benar.

‘’Sebagai seorang tenaga farmasi, saya selalu mendorong teman-teman untuk terus melakukan kerja cerdas. Ayo kita jual kinerja kita, jangan mau bekerja kalau ada uangnya saja,’’ seru Atty Toja, wanita kelahiran 28 Juli 1980 ini.

Tidak lupa Atty Toja mengajarkan kepada rekan kerjanya pentingnya pemberian informasi obat kepada masyarakat dengan jelas sesuai dengan prinsip pemberian obat yang rasional.

Seperti disaksikan oleh IAI News dalam siaran ulang malam penganugrahan tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, seluruh penerima penghargaan dijanjikan akan  menerima hadiah berupa pendidikan lanjut/fellowship ke luar negeri.

Diharapkan dengan adanya ajang penghargaan ini akan terus mendorong tenaga kesehatan, tenaga medis dan kader untuk terus bersemangat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat untuk mencapai Indonesia Emas 2045.***

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *