HOME

Gebrakan Apoteker Bertamu: Apoteker Kepahiang Bersinergi Sambut World Pharmacist Day

image002

Kepahiang, IAINews – Dalam rangka menyambut World Pharmacist Day (Hari Apoteker Sedunia) yang jatuh pada 25 September, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Kepahiang menggelar pertemuan rutin tahunan pada 11 Oktober 2024.

Acara ini menjadi ajang silaturahmi sekaligus diskusi penting terkait kontribusi apoteker dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penggunaan obat yang aman dan efektif.

Ketua IAI PC Kepahiang, apt. Yosi Ermalena, S. Farm, dalam sambutannya menyoroti tentang pengajuan Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA) seumur hidup serta memperkuat peran apoteker dalam edukasi kesehatan dan pencegahan penyakit.

Yosi juga menekankan bahwa peran apoteker tak hanya terbatas pada pengelolaan obat, tetapi juga melibatkan mereka dalam berbagai program kesehatan masyarakat yang berdampak luas.

Dokumentasi kegiatan perayaan “World Pharmacist Day” IAI Kepahiang 25 September 2024

Salah satu gebrakan yang menonjol dalam pertemuan ini adalah laporan program Apoteker Bertamu, sebuah inisiatif yang menjadi bagian dari program kerja ASK ME DAGUSIBU.

Program ini mengedepankan peran apoteker dalam skrining dan edukasi terkait Tuberkulosis (TB). Mulai dari Agustus hingga November 2024, Apoteker Bertamu berfokus pada kampanye pencegahan TB melalui sosialisasi, skrining, edukasi, serta evaluasi di sekolah-sekolah dan rumah warga.

Dokumentasi interaksi Apoteker dan siswa-siswa di Sekolah sasaran program “Apoteker Bertamu”

Apt. Aisyah Mardiah, S.Farm, dan apt. Tri Winda Sari, S.Farm, memimpin pelaksanaan program ini, yang mendapatkan respons positif dari masyarakat. Hasil survei menunjukkan antusiasme tinggi terhadap edukasi pencegahan TB, yang diharapkan mampu menekan angka penyebaran penyakit di lingkungan sekitar.

Dokumentasi Kunjungan “Apoteker Bertamu” dirumah warga

Dengan semangat kebersamaan, program ini diharapkan menjadi jembatan penting dalam pencegahan Tuberkulosis dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran apoteker dalam menjaga kesehatan publik.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata bagaimana apoteker di Kepahiang berperan aktif dalam mendukung kesehatan masyarakat, menjadikan World Pharmacist Day sebagai momentum penting untuk mempertegas kontribusi mereka dalam pelayanan kesehatan.

Selain acara “Pertemuan Rutin,” kegiatan World Pharmacist Day ini juga diisi dengan perkenalan anggota baru IAI PC Kepahiang. Acara berlangsung meriah dengan sesi makan bersama dan diskusi. Selain itu, panitia memberikan penghargaan kepada apt. Etri Puji Rahayu, S.Farm, sebagai ucapan selamat atas kelahiran putranya. Untuk menambah semarak, panitia juga mengadakan Door Prize bagi peserta yang beruntung.

Exit mobile version