HOME

Gelar Bimtek Kader OTSKK, BPOM Ingatkan Bahayanya Bahan Kimia Obat

Apt Hermaniar Bimtek 1
Apt Hermaniar, S.Farm menyampaikan materi mengenai cerdas memilih kosmetika aman dalam bimtek kader OTSKK

Kosmetika Aman

Sesi berikutnya bimtek kader OTSKK disampaikan materi yang membahas seputar cerdsa memilih dan menggunakan kosmetika yang aman. Materi ini disampaikan oleh apt Hermaniar, S.Farm.

Menurut apt Hermaniar, kosmetik adalah bahan atau sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia seperti epidermis, rambut, kuku, bibir dan organ genital bagian luar, atau gigi dan membrane mukosa mulut.

Tujuan penggunaan kosmetika  terutama untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan dan/atau memperbaiki bau badan, melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik.

‘’Berdasarkan Peraturan BPOM No. 21 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pengajuan Notifikasi Kosmetika, terdapat 20 tipe produk dan 123 kategori produk kosmetik berdasarkan tujuan penggunaannya,’’ ujar apt Hermaniar.

Dikatakan, klaim kosmetik harus memenuhi unsur objektivitas, kebenaran serta tidak menyesatkan.

Hal ini penting karena menjadi landasan bagi konsumen untuk menentukan pilihan kosmetik sesuai dengan yang dibutuhkan.

‘’Pihak industri maupun pelaku usaha dibidang kosmetik harus punya kemampuan untuk menentukan klaim yang memenuhi unsur objektivitas, kebenaran serta tidak menyesatkan, dengan memperhatikan serta memahami sifat serta mekanisme kerja dari ingredient (bahan) yang ada dalam produk kosmetik,’’ tutur apt Hermaniar.

Lebih lanjut, apt Hermaniar mengatakan, klaim untuk kosmetik harus mencerminkan adanya manfaat untuk konsumen pada kondisi yang baik, klaim untuk kosmetik tidak dibenarkan untuk hal-hal yang bersifat menyembuhkan atau mengobati.

Apt Hermaniar mengajak untuk menjadi konsumen cerdas sebelum membeli kosmetik dengan slogan Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kedaluwarsa).

Agar tidak salah saat membeli kosmetik, apt Hermaniar berbagi beberapa tips.

‘’Beberapa tips memilih kosmetika antara lain jangan mudah tergoda iklan, membeli ditempat yang resmi, kosmetika yang harus diaplikasikan oleh tenaga medis tidak boleh di perjual belikan secara online, dan cek KLIK,’’ papar apt Hermaniar.

Cerdas Memilih Suplemen Kesehatan

Di kesempatana yang sama,  bimtek kader OTSKK diisi oleh apt Wiwi Hartuti, M.Si menyampaikan materi tentang Cerdas memilih dan menggunakan Suplemen Kesehatan Aman.

Menurut apt Wiwi Hartuti, suplemen kesehatan adalah produk yang dimaksudkan untuk melengkapi kebutuhan zat gizi, memelihara, meningkatkan dan/atau memperbaiki fungsi kesehatan, mempunyai nilai gizi dan/atau efek fisiologis, mengandung satu atau lebih bahan berupa vitamin, mineral, asam amino dan atau bahan lain bukan tumbuhan yang dapat dikombinasi dengan tumbuhan.

Exit mobile version