Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

IAI Hadirkan apt. Muhamad Irshan dan apt. Rahmat Hidayat dalam Sesi Inspiratif pada Pembukaan Pekan Ilmiah Tahunan 2024

Untitled design 20240829 103644 0000
banner 120x600
banner 468x60

“Konseling menjadi salah satu cara apoteker untuk mempromosikan layanan kesehatan yang lebih baik, sehingga dapat membantu lebih banyak orang dalam proses penyembuhan. Apoteker adalah tempat bertanya tentang obat. Kepercayaan pasien adalah kunci keberhasilan nilai seorang apoteker,” tutur Rahmato, alumni Master of Pharmacy dari Alberta University, Kanada.

Rahmato juga mengangkat kisah tragedi Thalidomide, obat yang pernah digunakan untuk mengatasi mual pada wanita hamil, namun menyebabkan cacat lahir serius pada ribuan anak.

Iklan ×

“Ke depan, apoteker harus mencegah tragedi seperti ini agar tidak terulang kembali,” ujarnya.

“Apoteker adalah pahlawan,” lanjut Rahmato. “Obat-obatan harus dikelola dengan baik, mulai dari proses produksi, distribusi, hingga pelayanan, untuk menjamin kualitas obat dari bahan awal hingga dikonsumsi pasien.

Baca Juga  TWIBBON DAN EDUKASI RAISING COMMUNITY AWARENESS WPD 2022

Untuk itu, diperlukan intelektualitas, integritas, kepemimpinan, dan moralitas dari seorang apoteker dalam menjalankan tugasnya.”

Rahmato menekankan bahwa apoteker tidak hanya berperan di belakang layar, tetapi juga harus tampil aktif dalam pelayanan. “Apoteker meningkatkan kepatuhan pengobatan.

Mereka adalah penyedia layanan kesehatan yang kompeten, berkomunikasi secara efektif, dan mampu mengevaluasi berbagai faktor yang mempengaruhi kemampuan pasien dalam mematuhi pengobatan,” pungkasnya

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *