Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Jadipraktisi.com menggelar Webinar GRATIS untuk Memperingati World Pharmacist Day

image1
banner 120x600
banner 468x60

Lampung, IAINews – Pada 28 September 2024, Jadipraktisi.com, sebuah platform edukasi daring terkemuka, menyelenggarakan webinar gratis untuk memperingati World Pharmacist Day.

Webinar ini mengusung tema “Peran Apoteker di Masyarakat: Pilar Utama dalam Mencapai Universal Health Coverage” dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang peran penting apoteker dalam pelayanan kesehatan serta memberikan informasi terkini terkait produk halal dan potensi tanaman herbal di Kalimantan.

Iklan ×

Menurut apt. Dwi Ismayati, M.Clin.Pharm, moderator dan Co-Founder Jadipraktisi.com, “Webinar ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran apoteker dalam layanan kesehatan, khususnya di apotek. Kami juga menyampaikan informasi mengenai kehalalan produk serta potensi tanaman herbal yang banyak ditemukan di Kalimantan.”

Dwi juga menambahkan bahwa acara ini digelar secara gratis sebagai bentuk pengabdian para apoteker untuk memperingati Hari Apoteker Sedunia. “Kami berkomitmen terus mengedukasi masyarakat tentang kesehatan dan obat-obatan di seluruh penjuru negeri,” ujarnya.

Webinar ini dihadiri oleh 93 peserta dan berlangsung secara daring pada hari Sabtu, 28 September 2024, mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber dari berbagai institusi, di antaranya PT. QMS Corp, Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma), dan Universitas Borneo Lestari (UNBL).

Baca Juga  Peran Apoteker di Masyarakat: Bukan Sekadar pada Kondisi Bencana dan Darurat

Materi pertama yang dibawakan oleh apt. Dessi Selvia, S.Si dari PT. QMS Corp berjudul “Apotek Masa Depan: Siap Bersaing di Pasar yang Dinamis.” Dessi memaparkan tentang model bisnis apotek, perubahan regulasi kefarmasian, tantangan, peluang, manajemen rantai pasok, hingga strategi pemasaran yang efektif.

Dessi menekankan pentingnya membangun positioning yang kuat dalam bisnis apotek untuk memberikan layanan edukasi lengkap dan gratis kepada masyarakat.

image3
apt. Dessi Selvia, S.Si Ketika memaparkan materi dan memberikan contoh SOP yang diterapkan di Apotek

“Apotek adalah salah satu layanan kesehatan pertama yang diakses masyarakat ketika mereka sakit. Oleh karena itu, kehadiran apoteker untuk memberikan edukasi terkait penggunaan obat sangatlah penting,” kata Dessi, yang juga pemilik PT. QMS Corp dan 14 cabang apotek.

Sesi berikutnya disampaikan oleh apt. Muhammad Reza Pahlevi, M.Farm, dosen dari UNBL, dengan tema “Menjelajahi Potensi Tersembunyi: Obat Bahan Alam Khas Kalimantan dalam Pengobatan Modern.” Reza mengulas berbagai jenis tumbuhan herbal dari Kalimantan yang memiliki potensi besar sebagai obat tradisional. “Hutan Kalimantan memiliki kekayaan tumbuhan herbal yang luar biasa, namun sayangnya hanya sebagian kecil yang telah dieksplorasi secara maksimal,” jelasnya.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *