HOME

Ketua Hisfarkesmas PD IAI SULSEL Terpilih Sebagai Nakes Teladan 2023 dan 2024 Berkat Inovasi Cegah Stunting “Cating Si Kerdil”

Screenshot 20240917 135658 com.google.android.apps .docs .editors.docs edit 33244877100655
Penilaian Nakes Teladan apt. Beny Ricardo S.Si., MM

Sulawesi Selatan, IAINews – Ketua Hisfarkesmas PD IAI Sulawesi Selatan, Apt. Beny Ricardo, S.Si., MM, berhasil terpilih sebagai Nakes Teladan selama dua tahun berturut-turut, yakni pada tahun 2023 dan 2024.

Pencapaian ini merupakan bentuk apresiasi tertinggi bagi tenaga kesehatan yang berprestasi di tingkat kota, provinsi, hingga nasional.

Seleksi Nakes Teladan diikuti oleh berbagai profesi di sektor pelayanan kesehatan, seperti dokter, apoteker, perawat, bidan, dan lain-lain.

Proses seleksi ini melibatkan tenaga kesehatan dari puskesmas maupun rumah sakit, yang dinilai berdasarkan kontribusi dan inovasi yang telah dilakukan.

Presentasi Inovasi Seleksi Tingkat Kota oleh apt. Beny Ricardo S.Si., MM 13 Februari 2023

Dalam acara pelantikan perhimpunan dan penyuluhan yang digelar pada Minggu, 8 September 2024 di Ballroom Universitas Megarezky, Makassar, Apt. Rico, panggilan akrabnya, menjelaskan bahwa proses seleksi Nakes Teladan memiliki tahapan yang cukup panjang.

“Seleksi Nakes Teladan 2023 dimulai sejak tahun 2022, di mana inovasi yang diajukan harus melalui penilaian kualitatif dan kuantitatif sebelum dipresentasikan,” ungkapnya.

Tahapan Seleksi Nakes Teladan
Pemilihan Nakes Teladan di tingkat provinsi melibatkan tiga profesi terbaik dari berbagai daerah. “Apoteker yang terpilih berasal dari Makassar dan Kabupaten Pangkep untuk perwakilan puskesmas, serta Parepare untuk perwakilan rumah sakit.

Setelah itu, seleksi dilanjutkan di tingkat pusat, di mana seluruh profesi bersaing untuk nilai tertinggi,” jelas Apt. Rico.

Berbeda dengan tahun 2024, Apt. Rico yang sebelumnya sudah lolos di tingkat provinsi tidak perlu mengikuti seleksi tingkat kota lagi. “Saya tetap menggunakan inovasi yang sama untuk penilaian di tingkat provinsi tahun ini,” tambahnya.

Seleksi Nakes Teladan Tingkat Provinsi

Inovasi “Cating Si Kerdil”
Dalam wawancara lanjutan, Apt. Rico mengungkapkan inovasi yang diajukan untuk seleksi Nakes Teladan adalah program bernama “Cating Si Kerdil”, yang berfokus pada pencegahan stunting melalui edukasi apoteker kepada ibu hamil dan wanita usia subur.

Poster Inovasi “Cating Si Kerdil”

“Kami memberikan penyuluhan tentang pentingnya konsumsi tablet tambah darah dan peningkatan gizi bagi ibu hamil dan balita,” jelasnya.

Manfaat Menjadi Nakes Teladan
Ketika ditanya mengenai keuntungan yang diperoleh sebagai Nakes Teladan, Apt. Rico menyebutkan, “Kami mendapatkan piagam penghargaan dan Surat Keputusan (SK) yang bisa digunakan untuk kenaikan pangkat, serta reward berupa uang tunai.”

Exit mobile version