Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Kosmetik Bahan Alam, Mudah Diperoleh, Punya Potensi Besar untuk Dikembangkan

Hiakos banten 1
para peserta seminar dan workshop berfoto bersama
banner 120x600
banner 468x60

Hiakos banten 1

TANGERANG, IAINews.id – Himpunan Apoteker Seminat Kosmetik (Hiaskos) PD IAI Banten berkolaborasi dengan Program Studi Sarjana Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan di Universitas Pelita Harapan  menggelar Seminar (Hybrid) dan Workshop dengan tema “How Create Cosmetic With Natural Ingredients from Zero to Hero” beberapa waktu lalu.

Iklan ×

Pertumbuhan industri kosmetik yang sangat pesat, mengharuskan para pelaku industri, termasuk apoteker untuk terus berinovasi menghasilkan produk dengan berbagai macam bahan yang digunakan agar menarik konsumen. Salah satunya menggunakan bahan alam.

Masyarakat sejak dulu terbiasa menggunakan bahan alam sebagai perawatan kulit tradisional.

Bahan alam ini mudah diperoleh dan memiliki aroma khas, bermanfaat untuk kulit seperti anti oksidan, perfuming, skin conditioning, antimikroba dan sebagainya.

Hiaskos banten 2

Apoteker dengan latar belakang pendidikan yang mempelajari bidang kosmetik perlu memahami tentang formula pembuatan bahan kosmetik sampai proses perizinan sehingga menghasilkan produk kosmetik yang aman, bermutu, dan legal agar sesuai dengan peraturan Badan POM.

Penyelenggaraan Seminar (Hybrid) dan Workshop ini berupaya menghadirkan ruang belajar untuk mahasiswa Farmasi, Apoteker dan juga masyarakat umum.

Para peserta diharapkan akan memiliki wawasan yang komprehensif mengenai pembuatan kosmetika dengan bahan alam dan bagaimana proses mendapatkan izin edar produk kosmetik.

Baca Juga  Aksi Nyata IAI PD Bengkulu : Edukasi Penggunaan Obat & Dampaknya dalam Dialog RRI Pro 1

Kegiatan ini dilakukan secara hybrid agar menjangkau peserta secara nasional.

Berbekal pemahaman yang tepat perihal pemilihan serta kajian keamanan bahan alam yang digunakan, diharapkan produk kosmetik yang beredar di Indonesia memenuhi aspek mutu, manfaat dan keamanan sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Hiaskos banten 3

Pemahaman ini diharapkan akan dapat melindungi masyarakat dari produk kosmetik yang tidak memenuhi syarat mutu dan terhindar dari produk ilegal.

Sambutan oleh Ketua Hiaskos PP IAI Ibu apt. Shelly Taurhesia, PhD., Kaprodi Sarjana Farmasi UPH Ibu Feronia Reni Cyrene Santosa, M.S.Farm. dan Ketua PD IAI Banten apt. Ahmad Sofan, M.Farm sekaligus membuka acara telah memberikan dukungan pelaksanaan kegiatan ini.

Seminar dan workshop ini merupakan kegiatan pertama PD IAI Banten yang mendapatkan 4 SKP Kementerian Kesehatan melalui Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto.

Para peserta yang berjumlah 56 orang secara luring dan 133 peserta daring tampak antusias mengikuti rangkaian acara selama 2 hari tersebut.

Narasumber yang hadir adalah apt. Shelly Taurhesia, PhD, menyampaikan materi mengenai “Pemanfaatan Bahan Alam sebagai Sumber Daya Kosmetik”, apt. RR. Maya Agustina, M.Sc, Tim Ahli IAI  dengan materi “Kajian Keamanan Bahan Alam Serta Uji Klinis Kosmetik untuk Mendukung Klaim”.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *