Berita Terkini
Silahkan hubungi Redaksi IAINews melalui email : humas@iai.id
Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Mengapa Apoteker Tidak Menulis?

image1 6
Foto : https://www.freepik.com/
banner 120x600
banner 468x60

Satu lagi faktor yang sering diabaikan adalah kurangnya pelatihan dalam penulisan ilmiah.

Banyak program pendidikan apoteker tidak memberikan penekanan yang cukup pada keterampilan menulis.

Iklan ×

Menurut survei yang dilakukan oleh American Association of Colleges of Pharmacy (AACP), hanya 40% dari program apoteker yang memiliki kurikulum formal untuk menulis ilmiah (AACP, 2020).

Hal ini menyebabkan banyak apoteker merasa tidak percaya diri ketika harus menulis.

Sebagai contoh, seorang apoteker yang baru lulus mungkin memiliki pengetahuan yang sangat baik tentang farmakologi tetapi merasa tidak siap untuk menulis artikel ilmiah karena kurangnya pengalaman.

Tanpa pelatihan yang memadai, mereka mungkin menganggap proses menulis sebagai tugas yang menakutkan dan lebih memilih untuk menghindarinya sama sekali (Williams & Anderson, 2018).

 

Ketidakpastian tentang Topik dan Audiens

Banyak apoteker juga mengalami kesulitan dalam menentukan topik yang relevan untuk ditulis.

Mereka mungkin merasa bahwa topik yang dikuasai tidak cukup menarik bagi audiens yang lebih luas.

Sebuah studi oleh Lee dan rekan-rekannya menunjukkan bahwa 50% apoteker merasa bingung tentang topik apa yang seharusnya mereka tulis dan bagaimana cara menyusun tulisan yang menarik (Lee et al., 2022).

Contohnya, seorang apoteker yang memiliki pengalaman dalam pengelolaan obat untuk pasien diabetes mungkin merasa bahwa hanya sedikit orang yang tertarik pada topik tersebut.

Padahal, dengan meningkatnya prevalensi diabetes di seluruh dunia, tulisan tentang manajemen obat untuk pasien diabetes sebenarnya sangat relevan dan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam bidang kesehatan (World Health Organization, 2021).

Baca Juga  Anak yang Dilahirkan Melalui Bayi Tabung: Risiko Penyakit Jantung Bawaan yang Perlu Diketahui

Kesimpulan

Meskipun apoteker memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sangat berharga, berbagai faktor seperti kurangnya waktu, dukungan institusi, pelatihan yang tidak memadai dan ketidakpastian tentang topik dan audiens menyebabkan mereka tidak aktif dalam menulis.

Penting bagi institusi pendidikan dan tempat kerja untuk memberikan dukungan yang lebih besar kepada apoteker dalam hal penulisan ilmiah.

Dengan memberikan pelatihan yang tepat dan menciptakan lingkungan yang mendukung, kita dapat mendorong lebih banyak apoteker untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui tulisan.

Pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan secara keseluruhan.***

 

Referensi

  1. American Association of Colleges of Pharmacy (AACP). (2020). “Pharmacy Education: A Study of the Current State of Pharmacy Education in the United States.”
  2. Brown, J., & Green, T. (2021). “Access to Resources for Pharmacists in Remote Areas.” Journal of Pharmacy Practice, 34(2), 123-130.
  3. Ikatan Apoteker Indonesia (IAI). (2021). “Laporan Tahunan IAI 2021.”
  4. Johnson, M., Smith, R., & Lee, T. (2019). “Research Opportunities for Hospital Pharmacists.” American Journal of Health-System Pharmacy, 76(10), 745-752.
  5. Lee, H., Kim, Y., & Park, J. (2022). “Barriers to Scientific Writing Among Pharmacists.” Pharmacy Education, 22(1), 45-52.
  6. Smith, L., Johnson, A., & Brown, P. (2020). “Time Management in Pharmacy Practice.” Pharmacy Times, 86(5), 34-39.
  7. Williams, R., & Anderson, K. (2018). “The Importance of Writing Skills in Pharmacy Education.” Journal of Pharmacy Education, 82(5), 1125-1130.
  8. World Health Organization. (2021). “Global Report on Diabetes.”

 

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner 950x90