Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

‘Parovia’ Inovasi Dosen Unila, Produk Teh Herbal Daun Pandan Wangi Aman Untuk Penderita Diabetes

PkM Selapan 1
Parovia, teh herbal daun pandan wangi inovasi dosen Universitas Lampung
banner 120x600
banner 468x60

Inovasi pembuatan teh herbal daun pandan wangi ini dicampur dengan penambahan gula alami yaitu daun stevia (Stevia rebaudiana) yang aman untuk penderita kencing manis dan daun rosemary (Salvia rosmarinus).

‘’Selama ini daun pandan wangi hanya dikenal untuk penambah cita rasa makanan sehingga masih belum optimal dalam pemanfaatannya. Daun pandan wangi hanya sebatas dipakai untuk pewarna kue dan pengaroma minuman,’’ jelas apt Zulpakor.

Iklan ×

Padahal, daun pandan wangi diketahui mengandung senyawa fenolik sebagai antioksidan yang dapat menghambat aktivitas radikal bebas pada tubuh manusia dan dapat dimanfaatkan sebagai minuman untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Selain memberikan edukasi terkait pemanfaatan daun pandan wangi sebagai Produk Teh Herbal Parovia©, tim PKM juga mempraktikkan simulasi proses pengolahan simplisia daun pandan wangi kering.

PkM Selapan 5 scaled
Apt Afriyani mempraktekan simulasi proses pembuatan teh herbal daun pandan wangi.

Proses  mulai dari perlakuan pencucian, pemotongan, pengeringan, sortasi pemilahan daun pandan kering yang laik untuk sebagai the.

Setelah proses tersebut selesai, dilanjutkan sampai tahap penghalusan, serta pencampuran dengan rosemari dan stevia.

Simulasi proses pengolahan teh herbal daun pandan wangi ini dipandu oleh apt Afriyani.

Apt Afriyani juga mempraktikan bagaimana proses kemas menjadi produk teh herbal yang siap dinikmati dan dijual dengan didaftarkan sebagai unggulan P-IRT (Produk Industri Rumah Tangga).

Baca Juga  Cegah Stunting Sebelum Genting

Tahapan proses pemasaran produk teh herbal daun pandan wangi pun tak luput disosialiasikan juga dalam giat PKM ini oleh  Amanda Putra Seta, yang menjelaskan secara gamblang alur proses dan strategi pemasaran produk melalui dunia maya.

‘’Kedatangan tim PKM Unila sangat dinanti dan disambut  antusias oleh kelompok tani terutama oleh ibu-ibu KWT,’’ ujar Nasrudin.

Menurut Nasrudin, kegiatan PKM dengan metode penyuluhan atau edukasi menambah wawasan pengetahuan masyarakat akan sumber informasi baru  terkait potensi tanaman yang ada dilingkungan sekitar warga.

‘’Kegiatan ini juga menambah keterampilan baru dalam pengelolaan dan pengolahan produk dan peluangnya untuk dapat dimanfaatkan, serta meningkatkan nilai tambah ekonomi desa ataupun keluarga kelompok tani,’’ tambah Nasrudin.

PkM Selapan 4 scaled
Tim Dosen Pengabdi Universitas Lampung bersama para kelompok tani

‘’Inilah tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat. Kami ingin memastikan kapasitas masyarakat dan kesejahteraan meningkat, melalui pemberdayaan potensi daun pandan wangi yaitu pelatihan pembuatan produk teh Parovia© minuman teh herbal dari campuran daun pandan wangi, daun stevia dan rosemari ,’’ ucap apt Zulpakor.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *