Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Rakernas dan PIT IAI 2024: Unhan Setuju IAI Sebagai Rumah Besar Apoteker

IMG 20240828 WA0081 edit 9467362323034
Prof. Dr. apt. Yahdiana Harahap, M.Si. Dekan FF Unhan
banner 120x600
banner 468x60

Keistimewaan Fakultas Farmasi Militer

Fakultas Farmasi Militer di Unhan RI memiliki kurikulum khusus yang mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti strategi pertahanan, kepemimpinan dasar, kosmetika militer, nutrasetika militer, dan lainnya.

Iklan ×

Keberadaan fakultas ini juga sejalan dengan kebutuhan akan personel apoteker di TNI dan Kementerian Pertahanan untuk mendukung ketahanan dan keamanan nasional. Prof. Yahdiana menambahkan,

“Apoteker lulusan Unhan RI siap ditempatkan di daerah-daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) untuk memastikan distribusi yang merata.”

Selain itu, bagi apoteker yang memiliki dedikasi untuk bekerja di daerah-daerah bencana, IAI juga telah memfasilitasi mereka melalui program Apoteker Tanggap Bencana, yang bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

IAI di Kancah Internasional

Di kancah internasional, IAI juga aktif berpartisipasi sebagai anggota organisasi apoteker tingkat Asia Pasifik (Federation of Asian Pharmaceutical Associations atau FAPA) dan dunia (International Pharmaceutical Federation atau FIP). Dalam kedua organisasi ini, IAI berhasil menempatkan beberapa pengurusnya pada posisi-posisi penting.

Baca Juga  Mahasiswi Farmasi Jangan Lewatkan Beasiswa D-STAR untuk Anda dari Darya-Varia Ini

Hal ini memberikan kesempatan bagi IAI untuk mengadopsi dan mengadaptasikan berbagai program internasional, seperti Program Peningkatan Kompetensi dan Jenjang Karir Apoteker melalui Advanced Level Framework dari FIP.

Kesimpulan: IAI, Rumah Besar Apoteker

Pada akhir paparannya, Prof. Yahdiana menyatakan bahwa Universitas Pertahanan mendukung penuh peran IAI sebagai rumah besar bagi apoteker di Indonesia.

“Dengan adanya IAI, kita dapat memastikan bahwa seluruh apoteker di Indonesia, baik yang berada di wilayah perkotaan maupun di daerah terpencil, memiliki wadah untuk berkembang dan berkontribusi bagi kesehatan nasional,” tutupnya.

Acara Rakernas dan PIT IAI 2024 ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat peran IAI dalam mendukung ketahanan farmasi nasional dan memperkokoh posisi apoteker di Indonesia serta di kancah internasional.

Post Views: 88
banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *