Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Rumah Apoteker Indonesia Sosialisasikan Pusat Halal IAI: 518 Apoteker Raih Sertifikasi Pendamping Proses Produksi Halal

RAI Halal 1
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, IAINews – Sabtu, 21 September 2024 lalu, Rumah Apoteker Indonesia menggelar sosiasilasi Pusat Halal IAI.

Sosialisasi berupa webinar-talkshow bertajuk “Membangun Masa Depan Halal bersama Pusat Halal IAI: Perjalanan dan Pencapaian” sukses terselenggara secara daring.

Iklan ×

Melalui platform Zoom & Live Youtube. Rumah Apoteker Indonesia Ikatan Apoteker Indonesia (RAI IAI) sebagai penyelenggara memiliki peran penting dalam mengkomunikasikan program-program strategis IAI kepada sejawat apoteker dan masyarakat luas.

Tujuan utama Rumah Apoteker Indonesia IAI adalah untuk memastikan bahwa program-program unggulan IAI tidak hanya diketahui, tetapi juga memberikan dampak nyata bagi masyarakat dan para apoteker.

RAI Halal 2

Acara kali ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman mengenai industri halal di Indonesia, memperkenalkan Pusat Halal IAI serta peran pentingnya dalam mendukung perkembangan industri tersebut.

Hadir membuka kegiatan, Ketua Umum PP IAI, apt Noffendri Roestam, S.Si.

Dalam sambutannya, apt. Noffendri, S.Si. menyebutkan, “Apoteker dididik dengan kompetensi yang luar biasa dalam menjaga kualitas sediaan farmasi’’.

‘’Ketika pemerintah meluncurkan program halal melalui UU Halal maka apoteker langsung memegang peranan penting,’’ jelas Apt Noffendri.

‘’Dalam Renstra 2022-2026 PP IAI merintis pembentukan Pusat Halal IAI ini, harapannya semakin banyak apoteker yang menjadi SDM halal, baik sebagai Auditor Halal, Penyelia Halal, dan Pendamping Proses Produksi Halal,” ungkap apt Noffendri.

Baca Juga  Kepala BPOM Mengingatkan Di Jalur Distribusi Apoteker Penanggungjawab Harus Bekerja Purna Waktu

RAI Halal 3

Webinar-talkshow ini dihadiri oleh lebih dari 180 peserta yang terdiri dari mahasiswa farmasi, apoteker, serta masyarakat umum yang mengikuti melalui Zoom maupun Live Streaming Youtube di channel PP Ikatan Apoteker Indonesia.

Acara ini menghadirkan narasumber dari Pusat Halal IAI, yaitu Dr. Apt. Abdul Rahem, M.Kes yang juga Ketua Pusat Halal IAI dan apt. Drs. Rahmat Santoso,M.Si., MH.Kes sebagai Ketua Bidang Halal PP IAI.

Tak hanya itu guna memberikan pandangan yang nyata kepada peserta maka dihadirkan juga apt. Mochamad Hasan Alwi,S.Si.

Apt Hasan Alwi telah menjalankan pelatihan di Pusat Halal IAI dan mendapatkan sertifikasi Pendamping Proses Produksi Halal yang telah terdaftar di BPJPH.

Sebagai Pendamping PPH, apt Hasan Alwi telah mendampingi sejumlah pengusaha UMKM untuk mendaptkan sertifikat halal mereka.

Hadir pula Karmawan, pengusaha UMKM Azka Cakes, memberikan testimoni selama mendapatkan layanan dari apt. Hasan Alwi hingga akhirnya produknya mendapatkan label halal.

“Alhamdulilllah kami di Pusat Halal IAI telah memiliki 518 apoteker Pendamping Proses Produk Halal yang sudah teregister di BPJPH,’’ tutur Dr apt Abdul Rahem.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *