Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Setelah Sempat Vakum Fakultas Farmasi Unand Kembali Gelar Olimpiade Farmasi Indonesia 2024

Memperebutkan Piala Bergilir Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI)

OFI Unand
Kampus Fakultas Farmasi Universitas Andalas Padang
banner 120x600
banner 468x60

PADANG, IAI News – Setelah sempat vakum karena pandemi Covid-19, Fakultas Farmasi Universitas Andalas, kembali menyelenggarakan Olimpiade Farmasi Indonesia (OFI) tahun 2024 ini.

Olimpiade Farmasi Indonesia XI tahun 2024 diselenggarakan bersamaan dengan Lustrum ke-12 Fakultas Farmasi Unand.

Iklan ×

Olimpiade Farmasi Indonesia (OFI) untuk pertama kali digagas oleh Dr. apt. Syofyan, M.Farm, dosen Fakultas Farmasi Unand pada tahun 2009 silam.

Kegiatan itu diselenggarakan dalam rangka memeriahkan dies natalis ke-45/Lustrum ke-9 Fakultas Farmasi Universitas Andalas.

Sejak itu Olimpiade Farmasi Indonesia menjadi kegiatan rutin tahunan Fakultas Farmasi Universitas Andalas Padang dengan memperebutkan piala bergilir Dirjen Dikti.

Menurut Syofyan pada tahun 2018, OFI X terakhir dilaksanakan, sejak tahun 2019 terhenti karena pandemi Covid-19, hingga baru diadakan lagi tahun 2024 ini sebagai OFI XI.

‘’Olimpiade Farmasi Indonesia XI ini akan memperebutkan piala bergilir dari Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI) yang akan diselenggarakan pada tanggal 1-4 November 2024 di Universitas Andalas Padang,’’ tutur apt Syofyan, Ketua Komite Olimpiade Farmasi Indonesia  kepada IAINews di kampus Fakultas Farmasi Unand beberapa waktu lalu.

Menurut Syofyan, tujuan diselenggarakan Olimpiade Farmasi Indonesia ini untuk menggali dan mengasah kemampuan mahasiswa farmasi se-Indonesia di bidang IPTEK kefarmasian.

Baca Juga  BADAN POM SELENGGARAKAN FGD BERTEMA PENCEGAHAN PELANGGARAN PEREDARAN KRIM WAJAH RACIKAN YANG TIDAK MEMENUHI KETENTUAN

Disamping itu untuk mengembangkan hard skill dan soft skill antar mahasiswa farmasi se-Indonesia

Sementara itu, Dekan Fakultas Farmasi Unand, Prof Dr apt Fatma Sri Wahyuni berharap, Olimpiade Farmasi Indonesia ini akan menjadi ajang silaturahmi antar mahasiswa farmasi di Indonesia.

’’Olimpiade Farmasi Indonesia juga diharapkan sebagai ajang untuk menjalin silaturahim dan persaudaraan antar sesama mahasiswa farmasi se-Indonesia serta sebagai wadah untuk saling tukar informasi berkaitan dengan perkembangan IPTEK kefarmasian,’’ ungkap Prof Fatma Sri Wahyuni yang akrab disapa Prof  Ayu menambahkan.

‘’Pendaftaran OFI dibuka sebanyak 3 (tiga) gelombang yaitu gelombang 1 pada bulan Juni, gelombang 2 pada bulan Juli dan gelombang 3 sampai akhir bulan Agustus 2024. Pendaftaran dilakukan secara online melalui web www.ofi.ffarmasi.unand.ac.id,’’ jelas Prof Ayu.

Olimpiade Farmasi Indonesia dibagi menjadi 3 kelompok lomba, yaitu kelompok farmaseutika/farmasi sains, kelompok farmakologi/farmasi klinis, dan kelompok farmasi sosial dan administrasi.

Prof Ayu berharap  agar perguruan tinggi farmasi seluruh Indonesia bisa mengikuti kegiatan ini.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *