Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Unila Gelar Germas SAPA, Sebabkan Gangguan Kesehatan Waspada Bahan Kimia Obat (BKO) Pada Jamu Dan Herbal

Germas Unila 1
banner 120x600
banner 468x60

‘’Desa ini belum pernah terpapar informasi mengenai Germas SAPA dan Waspada Bahan Kimia Obat pada jamu dan herbal,’’ terang Amrullah, SE, Kepala Desa Baturaja.

‘’Sehingga kami jajaran aparat desa dan ibu-ibu kader PKK serta peserta sangat mengapresiasi dan menyambut baik bapak ibu dosen Unila dan perwakilan BBPOM Lampung,’’ tutur Amrullah, S.E.

Iklan ×

‘’Peserta PKM juga sangat antusias mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir,’’ jelas Amrullah.

‘’Sebelum dan setelah edukasi, peserta diberikan pre-test dan post-test. Alhamdulillah nilai rata-rata post test setelah edukasi lebih besar dibandingkan saat pretest. Artinya, edukasi yang diberikan berhasil,’’ lanjut Amrullah.

Masyarakat memiliki akses terbatas terhadap informasi, sehingga edukasi dan peningkatan kesadaran masyarakat menjadi tantangan utama dalam kegiatan ini.

Baca Juga  ‘Parovia’ Inovasi Dosen Unila, Produk Teh Herbal Daun Pandan Wangi Aman Untuk Penderita Diabetes

Banyak masyarakat lebih percaya pada produk tradisional dibandingkan produk medis modern, sehingga masyarakat perlu memahami risiko BKO dalam produk tradisional.

Edukasi ini memerlukan pendekatan yang konsisten dan persuasif.

Gerakan ini sangat penting dalam upaya mengetaskan masalah kesehatan seperti stunting dan juga masalah kesehatan lainnya akibat dari pangan yang tidak aman.

Kedepannya, kegiatan ini diharapkan dapat menyasar para UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) makanan, agat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang bahaya Bahan Kimia Obat pada jamu / herbal.

Sehingga masyarakat lebih waspada dalam membeli produk yang akan dikonsumsi.

Kegiatan ini akan di evaluasi melalui kegiatan monitoring paska kegiatan, aktivitas penyebaran informasi oleh para kader kepada masyarakat lebih luas.***

 

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *