Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Wujudkan Generasi Sehat: PC IAI Wajo Buka Suara Tentang Narkoba, TBC, dan HIV/AIDS!

wajo1
banner 120x600
banner 468x60

Wajo Sulawesi Selatan, IAINews – Dalam rangka memperingati World Pharmacist Day (WPD) 2024, Pengurus Cabang (PC) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan, bekerja sama dengan PC Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kabupaten Wajo, menggelar penyuluhan tentang Narkoba, Tuberculosis (TBC), dan HIV/AIDS di SMAN 6 Wajo.

Kegiatan ini mengusung tema “Mengenalkan Lebih Dekat Tentang Narkoba, TBC, dan HIV/AIDS pada Anak Remaja”.

Iklan ×

Kegiatan dihadiri oleh lebih dari 40 siswa-siswi sekolah tersebut.

wajo1

Foto bersama siswa/siswi SMAN 6 Wajo

Dalam sambutannya, H. Jamaluddin, S.Pd., M.Pd., selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, menyatakan dukungan dan apresiasinya terhadap kegiatan penyuluhan ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada penyelenggara yang telah memilih siswa/i SMAN 6 Wajo sebagai target dalam penyuluhan yang sangat bermanfaat ini,” ujarnya.

Hal ini menunjukkan komitmen sekolah dalam mendukung edukasi kesehatan bagi siswa/i.

wajo2

Penyuluhan oleh apt. Sry Muntani., S.Si., MAP

apt. Sry Muntani, S.Si., MAP.,  mewakili PC IAI Wajo, menekankan pentingnya kegiatan penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan di kalangan remaja.

Dalam sambutannya, ia mengatakan, “Kami dari PC IAI Wajo bekerja sama dengan perhimpunan apoteker penyuluh Narkoba PD IAI Sulsel berkomitmen akan melakukan kegiatan edukasi ini secara kontinyu di SMAN 6 Wajo.”

Baca Juga  Tutorial Pengajuan Validasi SKP di SIAp

Penekanan pada keberlanjutan kegiatan ini menunjukkan upaya untuk memberikan dampak jangka panjang.

“Dampak narkoba sangat membahayakan nyawa pengguna, dan kerugian yang ditimbulkan juga sangat besar,” ungkap apt. Sry, koordinator Apoteker Penyuluh Narkoba  Wajo, yang juga merupakan ketua Apoteker Tanggap Bencana (ATB) PD IAI Sulsel.

Ia berharap, “Setelah kegiatan ini, setiap siswa/i harus lebih mengetahui dan mengenal apa itu narkoba, sehingga mereka dapat menghindari penyalahgunaan narkoba.”

Kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan mengenai HIV/AIDS yang dibawakan oleh apt. Hj. Hartati M., S.Si.

Ia menjelaskan, “HIV adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dan dapat berkembang menjadi AIDS. Mari kita hentikan stigma terhadap pasien HIV/AIDS.”

Penjelasan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang virus HIV dan pentingnya dukungan bagi mereka yang terdiagnosis.

wajo3

Diskusi interaktif bersama apt. Hj. Hartati M., S.Si.

Penyuluhan diakhiri dengan materi tentang TBC yang disampaikan oleh apt. Musfirah, S.Farm. Ia menjelaskan, “Penyakit TBC sangat infeksius dan kita perlu meningkatkan kesadaran, terutama dalam penerapan etika batuk dan bersin serta perilaku hidup sehat.”

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *