Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Apoteker Kalimantan Selatan Ambil Peran Aktif Sebagai Relawan Kesehatan Haul Guru Sekumpul Ke-19

IMG 20240113 WA0007 Listiya Nor Hidayati
banner 120x600
banner 468x60

 

IAINews, Martapura (Kab. Banjar) – Haul Guru Sekumpul Ke-19, yang dihadiri oleh jutaan Jemaah dari berbagai Kabupaten dan Provinsi, berlangsung pada Sabtu-Minggu, 13 – 14 Januari 2024, di Kelurahan Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar – Kalimantan Selatan.

Iklan ×

PC IAI Kab. Banjar sebagai tuan rumah aktif menghimpun 95 Apoteker Relawan untuk membantu di 79 Posko Kesehatan di seluruh Kabupaten Banjar.

IMG 9192 Muhammmad Shoufi Islami scaled

Selain Apoteker Relawan dari berbagai Kota/Kabupaten di Kalimantan Selatan, kegiatan ini juga melibatkan 20 mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Apoteker dari Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Borneo Lestari.

Mereka tersebar di 21 Posko Rujuan Kesehatan, 79 Posko Pelayanan Kesehatan, dan 13 Posko Depo Obat di berbagai titik.

Tugas Apoteker Relawan melibatkan pengelolaan obat dan BMHP, penyerahan obat, dan konseling obat kepada Jemaah yang mengunjungi Posko Kesehatan.

IMG20240113171657 MAULIDA SAFITRI scaled

Dihimpun oleh PC IAI Kab. Banjar, Apoteker Relawan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kab. Banjar dan Posko Induk Sekumpul.

Sebelumnya, PC IAI Kab. Banjar telah melaksanakan Pelatihan Relawan dan Technical Meeting untuk mempersiapkan Apoteker yang akan menjadi relawan, mencakup penanganan dasar kegawatdaruratan pasien, pelayanan kesehatan, dan kefarmasian di Posko Kesehatan.

“PC IAI Kab. Banjar sudah berkoordinasi dengan Dinkes Kab. Banjar jauh-jauh hari agar Apoteker bisa ikut terlibat sebagai tenaga kesehatan yang secara resmi dan terdaftar sebagai relawan tenaga kesehatan di Posko Kesehatan,” ujar apt. Muhammad Ikhwan Rizki, M.Farm, Ketua Panitia Apoteker Relawan dan Ketua PC IAI Kab Banjar.

Baca Juga  Kolaborasi Menguntungkan Antara IAI Karanganyar dan RedDoorz: Solusi Nyata Bagi Anggota IAI di Seluruh Indonesia

Beliau menyampaikan kegiatan berjalan lancar, Apoteker berperan penuh sebagai Relawan di Posko Kesehatan, memberikan manfaat bagi masyarakat dan Jemaah haul.

IMG 20240114 WA0009 WoodenArt Collection scaled

Salah satu Apoteker Relawan, apt. Arief Ersyandi, S. Farm, mengungkapkan rasa syukurnya dapat berpartisipasi, mengabdikan diri, dan mengembangkan ilmu pelayanan kepada sesama.

apt. Noor Wildiati Magfirah, S.Farm, menyatakan kebahagiannya mendapatkan banyak pengalaman dan berharap bisa berpartisipasi lagi tahun depan.

Pengalaman pelayanan kefarmasian di Posko Kesehatan memberikan wawasan baru kepada Apoteker Relawan selama dua hari kegiatan.

Kegiatan Apoteker Relawan di Posko Kesehatan mendapat dukungan penuh dari PD IAI Kalimantan Selatan.

Sekretariat PD IAI Kalsel di Banjabaru, dekat dengan Kab. Banjar, disediakan sebagai tempat menginap bagi Apoteker dari luar kota yang perlu bermalam selama kegiatan.

Semoga keberhasilan kegiatan ini dapat menginspirasi Apoteker lain untuk aktif berperan dalam masyarakat.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *