Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Apoteker Muda Wakili Indonesia di Good Pharmacy Practice (GPP) Training Program 2023 di Taiwan

apoteker muda
Foto bersama peserta, narasumber, dan panitia GPP Training Program 2023
banner 120x600
banner 468x60

Apa saja kegiatan GPP Training Program?

Opening Ceremony

Iklan ×

Pelatihan dibuka dengan opening ceremony pada tanggal 18 Agustus 2023 di Rumah Sakit Umum Taipei. Opening ceremony dibuka dengan sambutan dari Joseph Wang (President of FAPA Foundation), Dr. Yuh Lih Chang (Direktur Departemen Farmasi Taipei Veteran General Hospital (TVGH) & Elected President of FAPA), dan Jaw Jou Kang (President of The Pharmaceutical Society of Taiwan). Setelah penyampaian sambutan, GPP Training Program 2023 dengan resmi dibuka.

Hari pertama dimulai dengan topik materi “Medication Distribution System and Inventory Control”. Selain mendengarkan presentasi, para peserta juga diajak untuk melihat dan mempelajari secara langsung mengenai sistem distribusi dan pengendalian persediaan obat di Rumah Sakit Umum Taipei. Penerapan unit dose dispensing (UDD) dengan didukung teknologi terbaru telah dilakukan di Taiwan sehingga dapat meminimalkan terjadinya medication error.

Hari kedua, materi pelatihan yang diberikan yaitu “Drug Shortage Management”, “Continuing Professional Development”, dan “Sterile Product Preparation”. Para peserta juga kembali diajak untuk melihat langsung bagaimana tenaga kefarmasian di Taipei Veteran General Hospital (TVGH) melakukan preparasi sediaan steril. Tampak peserta merasa kagum dengan teknologi yang ada di Depo/Departemen Farmasi TVGH, mulai dari mesin UDD untuk tablet dan injeksi, mesin Total Parenteral Nutrition (TPN), hingga mesin double check untuk UDD tablet.

Baca Juga  Jadipraktisi.com, Apoteker Muda Sukses Ciptakan Startup Edutech

 Hari ketiga sekaligus menjadi hari terakhir di rumah sakit, para peserta mempelajari topik tentang “Clinical Pharmacy Service Evaluation, “Clinical Pharmacy System”, dan “Drug Information”. Di akhir topik, peserta mempresentasikan action plan yaitu rencana yang akan dilakukan setelah mengikuti pelatihan dan kembali ke masing-masing negara asal. Hal ini sesuai dengan tujuan GPP Training Program yaitu mempelajari GPP dan sistem kefarmasian di Taiwan untuk bisa diaplikasikan di negara asal peserta.

Dari delegasi Indonesia, apt. Elida menyampaikan action plan tentang “Patient Safety Culture and Adverse Drug Events Reporting in a Hospital: A Survey among Healthcare Professional in a Hospital”. Selain itu, apt. Bayu menyampaikan action plan tentang “Safemeds Disposal Movement” dan apt. Cathrine menyampaikan action plan tentang “Drug Label Prescription”. Penyampaian action plan dijadikan sebagai syarat untuk kelulusan GPP Training Program.

Closing ceremony

Penyerahan sertifikat kelulusan pelatihan GPP Training Program dan badge club GPP 101 diberikan pada sesi closing ceremony. Kemudian acara dilanjutkan dengan closing dinner yang diikuti oleh tim FAPA Foundation, Taiwan Young Pharmacists Group, dan Federation of Taiwan Pharmacists Associations (FTPA).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *