Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Apoteker Muda Wakili Indonesia di Good Pharmacy Practice (GPP) Training Program 2023 di Taiwan

apoteker muda
Foto bersama peserta, narasumber, dan panitia GPP Training Program 2023
banner 120x600
banner 468x60

Kunjungan ke National Health Insurance dan Taiwan Food & Drug Administration

Selain mengikuti GPP Training Program di Taipei Veteran General Hospital, para peserta juga diberikan kesempatan untuk mengunjungi kantor National Health Insurance Taiwan untuk mempelajari sistem asuransi kesehatan yang diberikan oleh pemerintah Taiwan. Hal menarik dari sistem asuransi pemerintah Taiwan yaitu dapat menanggung kebutuhan kesehatan dari seluruh penduduk Taiwan yang berjumlah kurang lebih 23,28 juta penduduk. Asuransi ini dapat digunakan di semua fasilitas layanan kesehatan seperti klinik, rumah sakit umum, maupun rumah sakit swasta, tanpa ada patokan penggunaan obat generik ataupun obat paten.

Iklan ×

Setelah mengunjungi National Health Insurance, peserta melanjutkan kunjungan ke Taiwan Food and Drug Administration (TFDA). Terdapat sesi penyampaian materi dan juga tur keliling gedung TFDA bagian laboratorium untuk mendengarkan penjelasan langsung tentang proses pengujian bahan.

Baca Juga  Keynote Speech Kepala BPOM dr. Taruna Ikrar: Meningkatkan Peran Apoteker dalam Sistem Kesehatan Nasional dan Global

Mystery Trip

Penutup dari seluruh rangkaian kegiatan GPP Training Program adalah mystery trip yang dipandu langsung oleh President of FAPA Foundation, Joseph Wang. Peserta diajak untuk mengunjungi Yeh Liu Geopark (situs geologi di Taiwan), pasar tua Jiufen, dan museum penambangan emas yang ada di Ruifang.

Seluruh delegasi Indonesia merasa sangat bersyukur karena dapat mewakili Indonesia di GPP Training Program 2023. Tidak hanya itu, delegasi Indonesia juga ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada FAPA Foundation, Koo Foundation Sun Yat Sen Cancer Center, Taiwan Young Pharmacist Group, Taipei Veteran General Hospital, dan semua pihak yang telah mendukung pelatihan ini. Harapannya, pengalaman yang telah didapat dari GPP Training Program 2023 dapat menjadi langkah kontribusi untuk meningkatkan praktik kefarmasian di Indonesia.

 

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *