Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Apoteker Wajib Tahu, Kunjungan Elon Musk ke Indonesia: Merevolusi Konektivitas Internet Global

Elon Musk
Elon Musk dan Presiden Jokowi
banner 120x600
banner 468x60
Elon Musk
Elon Musk dan Presiden Jokowi

BALI, IAINews.id – Miliaran orang tidak memiliki akses internet yang dapat diandalkan, sehingga kesenjangan digital masih menjadi masalah besar secara global.

Karena tingginya biaya infrastruktur, penyedia layanan internet konvensional sering kesulitan menjangkau wilayah terpencil dan pedesaan.

Iklan ×

Dengan mengerahkan konstelasi satelit orbit Bumi rendah atau Low of Earth Orbit (LEO), Starlink, yang diprakarsai oleh SpaceX, berusaha mengatasi masalah ini.

Di LEO, yang berada sekitar 550 km di atas bumi, terdapat ribuan satelit kecil yang membentuk jaringan Starlink.

Satelit-satelit ini berkomunikasi dengan stasiun bumi dan terminal pengguna, sehingga memungkinkan internet berkecepatan tinggi dan latensi rendah.

Kemampuan Starlink untuk menyediakan internet berkecepatan tinggi di daerah terpencil dapat mengganggu Internet Service Provider (ISP) tradisional dan operator jaringan seluler, sehingga memaksa mereka untuk berinovasi dan berpotensi menurunkan harga.

Manfaat sosial utama Starlink adalah menjembatani kesenjangan digital, menawarkan peluang pendidikan, ekonomi, dan layanan kesehatan bagi masyarakat yang kurang terlayani.

Namun demikian, banyaknya jumlah satelit meningkatkan risiko sampah luar angkasa, yang dapat menimbulkan bahaya bagi satelit dan misi luar angkasa lainnya. SpaceX telah berkomitmen untuk melakukan deorbitasi pada satelit-satelit yang mati untuk memitigasi risiko ini.

Baca Juga  BPOM : Perlu Perkuatan Legal Berupa Payung Hukum Berupa UU

Di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum ke-10 di Bali, pada Senin, 20 Mei 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Elon Musk, CEO SpaceX untuk membahas bagaimana mempercepat transformasi digital Indonesia dan peluang investasi.

Jokowi mengapresiasi Elon Musk atas keikutsertaannya dalam pertemuan tersebut, yang diadakan di International Convention Center (BICC) di Badung, Bali. Dia juga berbicara tentang pentingnya pengelolaan air.

“Pak Musk, Indonesia saat ini sedang menjalani percepatan transformasi digital nasional dan membuka banyak potensi investasi di sektor infrastruktur, teknologi pemerintahan, ekonomi digital, dan masyarakat digital,’’ ujar Presiden Jokowi.

‘’Oleh karena itu, kami mengapresiasi dan terus mendorong pengembangan investasi perusahaan SpaceX, Tesla, Neuralink, dan Boring di Indonesia,” lanjut Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi berharap Starlink dapat bekerja sama dengan penyedia internet di Indonesia untuk memberikan akses internet murah, mengutamakan perlindungan konsumen, dan mengurangi biaya untuk layanan publik seperti puskesmas dan sekolah terpencil.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *