Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Bagaimana Mengetahuai Obat Sudah Tidak Aman Digunakan? Yuk kenali Istilah Beyond Use Date

pexels shvetsa 3683051
Ilustrasi oleh Anna Shevt/Pexel.com
banner 120x600
banner 468x60
pexels shvetsa 3683051
Ilustrasi oleh Anna Shevt/Pexel.com

Oleh : Dr. apt. Lusy Noviani, MM (Praktisi, Trainer dan Dosen FKIK Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya)

PENGENDALIAN mutu sediaan farmasi merupakan salah satu pekerjaan kefarmasian yang berkaitan erat dengan stabilitas obat.

Iklan ×

Dalam Praktek sehari hari, tidak jarang terjadi kesalahan pemberian informasi terkait batas penggunaan obat setelah kemasan dibuka, atau Beyond use date dan tanggal kadaluarsa.

Banyak Masyarakat umum menganggap bahwa obat yang telah dibuka dan digunakan memiliki batas penggunaan sama dengan tanggal kadaluarsa.

Produk yang telah dipindah kemasan, atau yang kemasan aslinya telah dibuka, karena penggunaan berulang akan berpotensi membuat sediaan tersebut tidak memiliki potensi, efikasi dan keamanan seperti produk tersebut dalam kemasan asli yang tersegel.

Banyak faktor yang mempengaruhi stabilitas dan mutu obat, antara lain suhu, pelarut, teknik penyimpanan dan faktor lainnya.

Masa kadaluarsa adalah batas waktu dimana suatu sediaan sudah tidak boleh digunakan lagi. Masa kadaluarsa dalam sediaan farmasi dikenal dengan istilah Expired Date (ED) dan Beyond Use Date (BUD).

Persamaan BUD dan ED adalah menandakan masa kadaluarsa, tetapi waktunya berbeda.

ED adalah tanggal atau batas waktu kadaluarsa obat yang ditentukan oleh pabrik yang membuat, dimana produk atau obat masih dapat digunakan sampai batas waktu yang tertera pada kemasan obat selama obat tersebut belum dibuka dari kemasan aslinya dan selama disimpan pada tempat yang tepat.

Baca Juga  Mengenal Andi Muh. Yagkin Padjalangi: Role Model Politisi Berlatarbelakang Apoteker di Sulawesi Selatan

 Beyond use date (BUD) adalah tanggal kadaluarsa atau batas waktu penggunaan obat yang telah dibuka dari kemasannya /diracik/dicampur/dilarutkan.

Tanggal atau waktu BUD ditentukan sejak obat dibuka dari kemasan primernya /diracik /dicampur /dilarutkan. (1–3)

Perbedaan BUD dan ED dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

PERBEDAAN Expired Date (ED) Beyond Use Date (BUD
Definisi Masa kadaluarsa dimana obat belum dibuka dari kemasan primernya dan selama disimpan pada tempat yang tepat Masa kadaluarsa bila obat dibuka dari kemasan aslinya atau diracik atau sudah dilarutkan atau dipindahkan ke wadah lainnya (re-packing)
Penentuan Waktu Waktu yang tercantum dikemasan obat yang ditentukan oleh pabrik pembuat Waktu ditentukan sejak kemasan primer dibuka/diracik/dicampur/re-packing

Ada berbagai cara untuk mendapatkan informasi terkait Beyond use date yaitu dengan melihat informasi pada leaflet kemasan, membaca pada buku panduan yang dikeluarkan oleh USP dan BPOM, serta dari berbagai penelitian terkait stabilitas.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *