Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Dosen Farmasi Poltekkes Kemenkes Bengkulu Ajarkan Pengelolaan Obat Rumah Tangga pada Kader PKK Padang Harapan

Poltekkes Bengkulu 1
apt Avrilya Iqoranny memberikan edukasi mengenai pengelolaan obat rumah tangga kepada kader PKK Padang Harapan
banner 120x600
banner 468x60

BENGKULU, IAINews – Di zaman modern seperti sekarang ini, penggunaan produk farmasi terus meningkat . Namun ternyata masyarakat masih banyak yang belum paham bagaimana pengelolaan obat rumah tangga dilakukan, agar manfaat obat dapat dirasakan maksimal.

Tujuan penggunaan profuk farmasi ini sangat beragam. Mulai dari upaya penyembuhan penyakit, sebagai suplemen kesehatan maupun tujuan lain.

Iklan ×

‘’Meningkatnya penggunaan produk farmasi, terutama obat dan suplemen kesehatan terjadi bukan tanpa alasan,’’ papar apt Avrilya Iqoranny Susilo, S.Farm, M.Pharm,Sci, Ketua Pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat dosen Farmasi Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

‘’Meningkatnya perkembangan penyakit dan banyaknya iklan atau penawaran obat-obatan dan suplemen kesehatan merupakan salah satu faktor banyaknya masyarakat yang mengonsumsi obat-obatan,’’ lanjut apt Avrilya Susilo.

‘’Berbagai macam obat yang digunakan dapat ditemukan hampir disetiap rumah, mulai dari obat pereda rasa nyeri, obat penurun panas atau bahkan obat-obatan yang perolehannya harus berdasarkan resep dokter seperti antibiotik, obat anti hipertensi, obat anti diabetes dan lain-lain,’’ ungkap apt Avrilya.

Poltekkes Bengkulu 2

Apt Avrilya Iqoranny bersama sejumlah dosen Farmasi Poltekkes Kemenkes Bengkulu melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat sebagai salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca Juga  Pamer Jersey Baru, Apoteker FC Palembang Tidak Hanya Bermain Bola

Pengabdian masyarakat merupakan kewajiban dosen untuk dilaksanakan setiap tahunnya selain poin pengajaran dan penelitian.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Sabtu, 24 Agustus 2024 ini diikuti oleh Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di lingkungan Padang Harapan.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan dalam rangka memberikan solusi terhadap permasalahan nyata yang dihadapi oleh masyarakat saat ini.

‘’Tidak sedikit Kader PKK di lingkungan Padang Harapan, yang menjadi sasaran kegiatan ini, belum mengetahui tata laksana pengelolaan obat rumah tangga,’’ kata apt Avrilya Iqoranny Susilo.

‘’Bagaimana cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat yang benar dan tepat dalam rumah tangga, merupakan pengetahuan yang penting untuk diketahui oleh kader PKK ini,’’ tambah apt Avrilya Iqoranny Susilo.

Pada kegiatan ini, para kader diajarkan bagaimana pengelolaan obat rumah tangga yang benar.

Diantara hal yang penting adalah mengapa obat yang aman dan berkualitas harus diperoleh dari toko obat, apotek dan sarana resmi kefarmasian lainnya.

‘’Dalam mendapatkan obat kita harus mengetahui penggolongan obat, mana yang boleh dibeli tanpa resep dokter dan wajib pakai resep dokter,’’ tutur apt Avrilya.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *