Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

IPE in Harmony: Kolaborasi apik PSPA UII bersama POLKESYO dengan Dinas Kesehatan Sleman dan Siklus Indonesia untuk Aksi Edukasi TB di Kabupaten Sleman

WhatsApp Image 2024 10 03 at 10.34.42 scaled
Foto bersama dosen PSPA UII, narasumber Dinkes Sleman dan Siklus Indonesia
banner 120x600
banner 468x60

PSPA UII menggandeng dinas kesehatan kabupaten Sleman sebagai pemangku wilayah yang bertangung jawab di wilayah Sleman serta Siklus Indonesia  yang merupakan organisasi nirlaba yang memberikan perhatian dan dukungan untuk program kesehatan termasuk masalah TB di dalamnya. Kedua institusi ini diharapkan memberikan bekal pengetahuan dan informasi kepada mahasiswa untuk menambah wawasan tentang TB dan berbagai program yang bisa dilaksanakan untuk turut serta berpartisipasi dalam upaya pengendaliannya.

Kuliah pakar adalah format yang dipilih untuk menghadirkan dua narasumber dari dinas kesehatan dan Siklus Indonesia. Kegiatan yang diikuti oleh 132 mahasiswa dari dua kampus ini diselenggarakan secara hybrid, mahasiswa PSPA UII mengikuti langsung di ruangan sedangkan mahasiswa POLKESYO menyimak secara daring melalui platform zoom meeting.

Iklan ×
Untitled design
Foto bersama narasumber dan peserta kuliah pakar

Dokter Seruni Angreni Susila, M.P.H yang merupakan ketua tim kerja pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) dinas kesehatan kabupaten Sleman menyampaikan berbagai fakta tentang TB khususnya di wilayah kabupaten sleman dan berbagai upaya yang dilakukan untuk pencegahan dan pengendalianya. Yhanu Suryo Asmoro selaku program management and learning (PMEL) staf Siklus kabupaten Sleman  menjelaskan tentang pentingnya kolaborasi seluruh komponen masyarakat untuk berperan dalam program penanggulangan TB di kabupaten Sleman.

Baca Juga  Rakernas dan PIT IAI 2024 di Lombok, apt Noffendri Roestam : Semoga Peserta Mencapai Target

 

Yhanu juga menyampaikan peluang Siklus sebagai komunitas pengelola program TB sangat membuka diri untuk kerjasama dengan berbagai pihak dalam memberikan edukasi TB ke masyarakat. Pantauan IAINews saat pelaksanaan kuliah pakar mahasiswa sangat antusias menyimak penjelasan serta mengajukan berbagai pertanyaan berkenaan dengan program yang akan dilakukan dalam IPE. Dokter Seruni menyampaikan apresiasinya kepada PSPA UII dan POLKESYO yang telah merancang program pembelajaran mahasiswa yang aplikatif dan kontributif serta membantu program pemerintah dalam pencegahan dan pengendalian TB.

 

Pengelola IPE di PSPA UII, apt Lily Annisa, M.Clin.Pharm menambahkan bahwa setelah mengikuti kuliah pakar ini mahasiswa akan dibagi dalam 12 kelompok dan diterjunkan ke desa Donokerto, kecamatan Turi, Kabupaten Sleman untuk melaksanakan pembelajaran dan pengabdian dengan membuat program edukasi pencegahan dan pengendalian TB bagi masyarakat. Lily berharap kolaborasi yang apik ini bisa memberikan pengalaman pembelajaran bagi mahasiswa untuk menumbuhkan sikap sensitif dan peduli tergadap permasalahan kesehatan di sekitarnya.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *