Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Jenis Obat yang Boleh Dijual di Marketplace

Foto Marketplace farmasi Aulia Rahim Channel
banner 120x600
banner 468x60

Meskipun bukan obat, suplemen kesehatan tetap diatur oleh BPOM untuk memastikan keamanan dan kualitasnya.

Suplemen yang boleh dijual di marketplace harus terdaftar dan memiliki izin edar resmi.

Iklan ×

Marketplace juga wajib memantau produk yang dijual agar konsumen mendapatkan informasi yang akurat tentang kandungan dan efek samping produk suplemen tersebut.

Obat herbal juga menjadi produk yang sering dijual di marketplace. Namun, meskipun berasal dari bahan alami, obat herbal tetap harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh BPOM.

Produk herbal yang tidak memiliki izin edar dari BPOM tidak boleh dijual di marketplace.

Pengawasan terhadap obat herbal ini penting, karena beberapa produk herbal bisa memiliki interaksi obat yang berbahaya jika dikonsumsi bersamaan dengan obat medis.

Selain obat, marketplace sering kali juga menjual produk kesehatan lain, seperti alat tes kesehatan mandiri (test kit) atau alat bantu medis.

Produk-produk ini biasanya boleh dijual di marketplace dengan syarat telah mendapatkan sertifikasi dan izin edar dari otoritas kesehatan.

Seperti halnya obat, alat kesehatan ini juga harus memenuhi standar keamanan dan efektivitas yang telah ditetapkan agar tidak menimbulkan risiko bagi pengguna.

Baca Juga  Kesulitan Menautkan Akun ke SKP Platform? Inilah Solusinya!

Marketplace memiliki peran penting dalam memastikan bahwa obat-obatan yang dijual sesuai dengan regulasi.

Platform harus memeriksa dan memastikan bahwa semua penjual obat di marketplace telah memiliki izin yang sesuai, seperti Surat Izin Apotek (SIA) atau Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA).

Marketplace juga bertanggung jawab dalam melakukan pengawasan berkala terhadap produk yang dijual untuk memastikan bahwa tidak ada obat yang dilarang atau produk ilegal beredar di platform mereka.

Meskipun regulasi tentang jenis obat yang boleh dijual di marketplace sudah jelas, tantangan terbesar adalah pengawasan terhadap implementasi aturan ini.

Peredaran obat ilegal atau palsu di marketplace masih menjadi ancaman, terutama di platform yang tidak memiliki pengawasan ketat.

Oleh karena itu, kolaborasi antara BPOM, marketplace, dan masyarakat sangat penting untuk memastikan bahwa hanya obat yang aman dan sesuai dengan regulasi yang boleh dijual dan dibeli secara daring.***

 

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *