Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Kampung ASK ME Dagusibu, Kontribusi Nyata 69 Tahun Ikatan Apoteker Indonesia untuk Kesehatan Indonesia

Kampung 1
banner 120x600
banner 468x60

MASYARAKAT yang mempunyai literasi baik tentang penggunaan obat dapat membentengi diri dan keluarganya dari penggunaan obat yang salah maupun penyalahgunaan obat.

Hal ini lah yang menjadi perhatian IAI untuk terus menyebarkan pembentukan Kampung ASK ME Dagusibu di seluruh Indonesia.

Iklan ×

Kampung Apoteker Sahabat Keluarga Melayani Edukasi Dapatkan Gunakan Simpan Buang obat dengan benar (ASK ME Dagusibu) yang dikelola oleh pengurus daerah dan pengurus cabang IAI di seluruh Indonesia ini menjadi wahana bagi para apoteker untuk mendekatkan diri ke masyarakat agar kemanfaatan sebagai mitra maupun sumber informasi penggunaan obat semakin optimal.

‘’Tahun kedua setelah pencanangan Kampung ASK Me Dagusibu pada 18 Juni 2023 lalu, keberadaannya pun semakin eksis di tengah masyarakat,’’ ungkap Romo apt Sukir Satria Djati, Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat PP IAI yang menginisiasi program Kampung ASK ME Dagusibu.

kampung 2

‘’Panduan pembentukan yang dirilis oleh PP IAI telah diterjemahkan dengan begitu apik di masing-masing wilayah dengan mempertimbangkan kearifan local, menjadikan keberadaanya semakin diterima Masyarakat,’’ lanjut Romo Sukir Satria Djati.

Pemahaman dan sikap positif masyarakat di 65 Kampung ASK ME Dagusibu rata-rata meningkat 15% terhadap penggunaan obat yang benar, masyarakat pun senang dengan berbagai informasi dan edukasi yang diberikan oleh para apoteker.

Baca Juga  Kesulitan Menautkan Akun ke SKP Platform? Inilah Solusinya!

Pada sarasehan nasional sebagai puncak peringatan HUT IAI ke-69 pada 22 Juni 2024, PP IAI memberikan apresiasi untuk Kampung ASK ME Dagusibu terbaik 2023-2024.

Kriteria yang digunakan adalah banyaknya kegiatan pemberdayaan masyarakat, jumlah peserta kegiatan dan mitra atau stakeholder yang terlibat.

Publikasi juga menjadi bagian penting dalam kegiatan ini, sehingga pemenang juga diharapkan memenuhi kriteria ini.

Publikasi baik popular melalui media masa atau dalam bentuk artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah maupun pengabdian masyarakat.

Berdasarkan kriteria tersebut terpilih Kampung ASK ME Dagusibu binaan PC IAI Kota Yogyakarta, PC IAI Kabupaten Kapahiang dan PC IAI Kabupaten Jember sebagai yang terbaik dan berhak mendapatkan sertifikat serta apresiasi pembinaan dari PP IAI

Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat PP IAI Romo apt Sukir Satrija Djati saat sarasehan nasional 69 tahun IAI juga menyampaikan bahwa untuk menyambut world pharmacists day (WPD) 2024 Kampung ASK ME Dagusibu akan melaunching program Apoteker Bertamu.

kampung 3

Apoteker Bertamu adalah sebuah upaya dari IAI untuk meningkatkan kesadaran dan meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap penyakit tuberkulosis.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *