Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Mengapa Resistensi Antibiotik Bisa Terjadi?

resistensi antimikroba meutia faradilla
banner 120x600
banner 468x60

Penggunaan antibiotik pada hewan ternak.

Sementara itu, praktik penggunaan antibiotik yang tidak tepat pada hewan ternak ternyata lazim terjadi.

Iklan ×

Lalu apa hubungannya resistensi antibiotik dengan penggunaan obat ini pada hewan ternak?

Penggunaan antibiotik yang tidak sesuai indikasi pada hewan ternak dapat menyebabkan terjadinya penyimpanan sisa metabolisme antibiotik di daging hewan ternak tersebut.

Apabila daging hewan ternak ini dimakan oleh manusia, maka sisa metabolisme antibiotik tadi bisa ikut masuk ke dalam saluran cerna kita dan bereaksi dengan mikroba baik dalam tubuh kita.

Ingat apa yang terjad pada mikroba baik yang berinteraksi dengan antibiotik? Ya, betul, dia akan membentuk faktor resistensi.

Selain tersimpan pada daging hewan ternak, sisa antibiotik yang digunakan pada hewan ternak dapat ikut terbuang melalui urin dan feses hewan ternak yang nantinya bisa mencemari produk sayuran yang ada di tempat pembuangan.

Baca Juga  Mungkinkah Mengintegrasikan Pengobatan Tradisional ke Dalam Pengobatan Konvensional di Indonesia?

Atau manusia minum air yang tercemar oleh urin dan feses dari hewan ternak, sehingga tanpa sengaja sisa hasil metabolisme antibiotik dapat masuk ke dalam saluran cerna manusia dan bereaksi dengan mikroba baik di dalam tubuh.

Apa yang dapat kita lakukan?

Berbagai penelitian telah menyebutkan bahwa dengan terganggunya komposisi mikroba baik dalam tubuh kita, berbagai gangguan fisik dapat terjadi, mulai dari stunting pada bayi dan balita, radang kronis, sampai pada kemungkinan gangguan kesehatan jiwa.

Oleh karena itu, kita perlu menjaga betul sahabat kita, mikroba baik, di dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi antibiotik sesuai dengan indikasi dan petunjuk penggunaan yang telah diberikan oleh dokter dan apoteker.

Dengan begitu, kita dapat berkontribusi mengurangi kejadian resistensi antibiotik dan membangun masyarakat yang lebih sehat.***

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *