Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Mengenal Andi Muh. Yagkin Padjalangi: Role Model Politisi Berlatarbelakang Apoteker di Sulawesi Selatan

WhatsApp Image 2023 11 26 at 18.41.49
banner 120x600
banner 468x60

WhatsApp Image 2023 11 26 at 18.41.49

Oleh : Aminullah, Sekretaris PD IAI Sulawesi Selatan

Iklan ×

Dr. apt. H. A. M. Yagkin Padjalangi, M.Kes. (AYP) merupakan sosok yang begitu familiar di kalangan apoteker, khusus di Sulawesi Selatan. Sosoknya begitu istimewa.

Ya, kanda Andi Yagkin Padjalangi, memang sejatinya apoteker. Pria Bugis kelahiran Bone, 24 Desember 1965 ini memperoleh gelar apoteker dari kampus merah, Fakultas Farmasi Universtas Hasanudin, Makassar, tahun 1992.

Pasca tamat di SMA Negeri 1 Ujung Pandang, tahun 1985 kanda Andi Yagkin Padjalangi meneruskan Pendidikan di Jurusan Farmasi FMIPA Unhas, yang kemudian menjadi Fakultas Farmasi pada 2007.

Teman angkatannya sangat mengenal beliau. Karakternya sebagai pemimpin terlihat dengan jelas dari tutur katanya, prilaku dan perbuatannya.

Saat mahasiswa lah, karakter kepemimpinan makin terasah. Disegani oleh aktifis lintas fakultas. Organisatoris 24 karat.

Pernah menjabat sebagai Ketua Umum Senat Mahasiswa FMIPA periode 1988-1989.

Puncak kariernya dalam berorganisasi sehingga pantas disebut salah satu legenda aktifis kampus Unhas yaitu ketika menjabat sebagai Ketua Senat Mahasiswa Unhas Periode 1991-1992. Pencapaian yang luar biasa bagi anak Farmasi.

Didalam jenjang pendidikannya,  Andi Yagkin Padjalangi menyempurnakan gelar akademiknya dengan menyelesaikan pendidikan magister kesehatan di Unhas pada tahun 2002.

Baca Juga  Gaya Hidup Sehat, Kunci Cegah dan Atasi Banyak Penyakit

Tak puas sampai disitu, selanjutnya menyelesaikan pendidikan Doktornya di Universitas Muslim Indonesia pada tahun 2015.

Sebagai pembelajar sepanjang hayat,  Andi Yagkin Padjalangi terus mengembangkan diri dan keilmuannya dengan menjadi dosen dan mengajarkan ilmu-ilmu Farmasi kepada mahasiswa.

Saat ini, beliau menjabat sebagai Ketua Umum IKA Fakultas Farmasi Unhas Periode 2020-2024. Bukti cintanya pada almamaternya, kampus merah Universitas Hasanudin.

Karier profesionalnya dimulai sebagai Pegawai Negeri Sipil tahun 1993 di RSU Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Selanjutnya, berpindah tugas menjadi PNS di Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Makassar hingga 2003.

Jabatan terakhirnya sebagai Kepala seksi Pemeriksaan dan Penyidikan, sebelum akhirnya memutuskan fokus sebagai politisi.

Sosoknya begitu istimewa di kalangan apoteker di Sulawesi Selatan

Mungkin generasi gen Z hanya mengenalnya sebagai politisi. Tapi tidak, bagi beberapa generasi milenial, apalagi gen X sangat mengenal beliau dari profesinya sebagai apoteker.

Andi Yagkin Padjalangi, salah satu apoteker di Indonesia yang pernah menjabat Ketua organisasi profesi apoteker dengan dua nama berbeda.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *