Floating Left Ads
Floating Right Ads
banner 950x90

Optimalisasi Home Pharmacy Care dengan Aplikasi ‘Si Remot’

Si Remot 1
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, IAINews – RSUD Kebayoran Lama memperkenalkan inovasi terbaru dalam pelayanan kefarmasian dengan menggunakan aplikasi ‘Si Remot’. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan pasien terhadap pengobatan.

Inovasi berupa aplikasi ‘Si Remot’ ini berhasil meraih juara ketiga dalam kategori Tenaga Kesehatan Teladan DKI 2024.

Iklan ×

Aplikasi ‘Si Remot’ dipelopori oleh apt. Rahmania Dewi K., S.Si., seorang apoteker yang telah berdedikasi selama enam tahun dan juga menjabat sebagai Kepala Satuan Pelayanan Penunjang Medis di RSUD Kebayoran Lama.

Si Remot 2

‘’Mengucap syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT, saya sangat bahagia bisa menjalankan inovasi ini, yang semula niatnya hanya ingin memberikan pelayanan kefarmasian yang terbaik untuk masyarakat,’’ ujar apt. Rahmania Dewi yang akrab disapa Nia ini, saat ditemui IAINews secara online.

Program home pharmacy care dengan aplikasi ‘Si Remot’ ini diprioritaskan untuk pasien hipertensi pada lansia.

‘’Inovasi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya tingkat kepatuhan pasien lansia dengan keluhan hipertensi yang berobat ke poli rawat jalan RSUD Kebayoran Lama, sehingga perlu pemantauan yang lebih intensif dari apoteker dengan cara melakukan home pharmacy care,’’ ujar apt Nia mengenai awal diinisiasinya aplikasi ‘Si Remot’ ini.

Si Remot 3

Selain dirinya, ada juga 2 (dua) kandidat tenaga medis dan 1 (satu) kandidat tenaga kesehatan lainnya yang memenuhi kriteria untuk menerima anugerah sebagai Tenaga Kesahatan Teladan. Kriteria ini ditentukan oleh pihak instansi penyelenggara kompetisi.

Baca Juga  Tim Media Nasional IAI, Tidak Hanya Urus Obat, Apoteker Juga Bisa Jadi Jurnalis

‘’Di RSUD Kebayoran Lama, pegawai yang ditugaskan untuk kompetisi harus memenuhi persyaratan yang diajukan dan mendapatkan penilaian positif dari atasan langsung,’’ jelasnya.

‘’Jadi, meskipun syarat sudah sesuai, jika penilaian dari atasan kurang, maka tidak bisa diajukan,’’ ungkap apt Nia.

Menurutnya, persaingan di tingkat Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan dan Dinas Kesehatan DKI sangat ketat,

‘’Inovasi yang dipaparkan oleh para kandidat sangat luar biasa dan mengesankan,’’ tambahnya.

Si Remot 4

Aplikasi ‘Si Remot’ membantu pasien mengingat jadwal minum obat dan memungkinkan apoteker untuk memantau kepatuhan pasien dari jarak jauh.

Aplikasi ini sudah digunakan sejak masa pandemi Covid-19 dan terus diperbaharui agar sesuai dengan perkembangan teknologi digital.

Namun sayangnya, saat ini hanya tersedia untuk pengguna android yang dapat diunduh melalui scan barcode yang tersedia di bagian farmasi RSUD Kebayoran Lama.

Implementasi inovasi ini tidak tanpa kendala. Beberapa pasien tidak berkenan untuk dikunjungi di rumah atau mengunduh aplikasi ‘Si Remot’ karena khawatir memperlambat kinerja ponsel mereka.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *